Harga Ayam Naik di Natuna, Tapi Daging Justru Turun

1430
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Harga berbagai kebutuhan pokok di pasar tradisional Ranai saat ini mulai merangak naik, menjelang bulan puasa.

Kebutuhan yang sudah terjadi kenaikan adalah daging ayam. Sebelumnya harga ayam masih Rp 30 ribu per kilogramnya, kini sudah Rp 35 ribu per kilo. Berbeda dengan daging sapi, malah turun, dari Rp 140 ribu menjadi Rp 120 ribu per kilogram.

“Sepertinya stok daging ayamnya menipis sekarang, jadi pengaruhi harga dari peternak,” ujar Eki, 27, pedagang ayam di pasar tradisional Ranai, Selasa (24/5).

Sementara turunnya harga daging sapi, diduga disebabkan daya beli masyarakat menurun. Sehingga pedagang menurunkan harga jual daging sapi sejak kemarin.

Kepala Bidang Perdagangan, Dinas Perindustrian dan Perdagangan Pemkab Natuna, Wan Andriko mengatakan, khusus menyambut bulan puasa, pemerintah melakukan koordinasi dengan pihak-pihak pemasok kebutuhan pokok.

Untuk sementara, katanya, kebutuhan pokok lainnya masih stabil. Paling bakal terjadi kenaikan beberapa hari menyambut puasa, namun hal itu bisa dihindari jika stok cukup tersedia.

“Sementara tidak ada lonjakan harga, masih stabil. Tapi pemerintah melakukan persiapan jika terjadi kelangkaan atau kenaikan harga tidak wajar,” sebut Andriko.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar