Rudi Mengaku Investor Cina Mengeluh Soal Listrik

579
Pesona Indonesia
Investor Cina saat bertemu Wali Kota Batam Rudi, Selasa (24/5/2016). Foto: istimewa
Investor Cina saat bertemu Wali Kota Batam Rudi, Selasa (24/5/2016). Foto: istimewa

batampos.co.id – Sejumlah investor asing mengeluhkan seringnya pemadaman listrik di Batam.

Hal ini disampaikan Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, usai menerima kunjungan sejumlah pengusaha asal Cina yang sudah berinvestasi di Batam, Selasa (24/5/2016).

“Datang ke sini ingin bersilaturahmi dengan pimpinan Pemko yang baru. Dan ternyata mereka tengah berinvestasi di Batam. Ya, mereka sempat mengeluhkan kondisi listrik,” kata Rudi, Selasa (24/5/2016).

Dikatakan Rudi, para investor asal Negeri Tirai Bambu itu sebenarnya mengapresiasi Batam sebagai daerah yang lebih baik dibandingkan daerah lain di Indonesia. Namun kondisi listrik yang sering padam mendadak membuat investor gerah. Sebab, hal itu menganggu proses produksi mereka.

Apalagi di antaranya ada yang bergerak di industri tailing sebagai campuran beton. Mereka berharap, pemadaman listrik dilakukan secara terjadwal dan harusnya ada pemberitahuan minimal satu jam sebelumnya.

“Listrik jangan mati mendadak. Karena industri mereka terganggu dan produksi bisa rusak. Karena mereka menggunakan sistem komputer. Kalau mati lampu mendadak, sistem mati semua,” jelas Rudi.

Menurut dia, listrik merupakan hal yang sangat penting untuk perkembangan suatu wilayah. Termasuk bagi para pengusaha.

“Bisa dibayangkan dampaknya. Bisa kering semen itu, karena sistem elektrik semua. Kalau sampai 4-5 jam mati, maka semua kering. Jadi kalau ada pemberitahuan, mereka tahu tidak mulai prosesnya,” tambah Rudi lagi.

Selain listrik, para investor Cina itu juga mengeluhkan rumitnya proses perizinan di Batam. Untuk itu mereka berharap ada penyederhanaan birokrasi yang memudahkan dunia usaha.

Kepada para investor itu, Rudi juga menyampaikan perubahan status Free Trade Zone (FTZ) Batam menjadi Kawasan Ekonomi Khusus (KEK). Kata dia, KEK akan memberikan lebih banyak kemudahan dan fasilitas bagi para pengusaha.

“Saya sampaikan kepada mereka, agar tidak ragu untuk berinvestasi di Batam,” kata Rudi.

Sementara itu, informasi pemadaman listrik yang dikelola Bright PLN BatamĀ  sebenarnya bisa diakses di website perusahaan itu. Salah satunya di: http://info.plnbatam.com/info/index.php?page=info-pemadaman.

Secara rutin PLN Batam juga membagikan informasi itu ke masyarakat melalui jejaring sosial dan situs berita online, salah satunya melalui batampos.co.id. (rng/she)

Respon Anda?

komentar