Kasus Anak Tinggi, Pemko Tanjungpinang Perketat Peredaran Mikol

399
Pesona Indonesia
Ilustrasi mikol
Ilustrasi mikol

batampos.co.id – Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang akan memperketat pengawasan terhadap peredaran minuman beralkohol di Kota Tanjungpinang. Ini dilakukan dalam upaya menekan perilaku menyimpang, utamanya perilaku anak.

“Larangan peredaran mikol ini sudah lama ada di Dinas perindustrian dan Perdagangan. Tinggal penertiban siapa yang membeli,” ujar Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah ditemui di Hotel Comfort Tanjungpinang, Kamis (25/5).

Untuk lebih menekankan, dikatakan Lis, pihaknya akan kembali melakukan sosialisasi kepada masyarakat Kota Tanjungpinang. Serta secara bertahap akan melakukan penertiban. Tidak lupa pula, Lis mengingatkan kepada setiap orang tua juga harus memantau aktifitas anaknya di luar rumah. ” “Kalau pemerintah menertibkan, tapi tidak ada pengawasan dari orang tua kan susah,” ujarnya.

Tindakan yang dilakukan Pemko Tanjungpinang berkaca kepada kasus kekerasan yang terjadi pada anak di Kota Tanjungpinang, tergolong tinggi.

Berdasarkan data dari Komisi Pengawasan dan Perlindungan Anak Daerah (KPPAD) Provinsi Kepri, jumlah kasus anak di Kota Tanjungpinang yang ditangani dari bulan Januari sampai April 2016 mencapai 30 kasus dan melibatkan 44 anak, dengan rincian 26 anak laki-laki dan 18 anak perempuan.

Sementara sepanjang tahun 2015 lalu, jumlah kasus anak yang ditangani mencapai 107 kasus dan melibatkan 159 anak, dengan rincian 88 anak laki-laki dan 71 anak perempuan.

Kasus kekerasan anak tersebut terbagi menjadi tiga kategori, yaitu kasus Anak Berhadapan Hukum (ABH), kategori perlindungan khusus, dan kategori hak dasar. (lra/bpos)

Respon Anda?

komentar