Mulai Juni, 15 Bus Trans Batam Baru Siap Beroperasi

1193
Pesona Indonesia
Penumpang Bus Trans Batam jurusan Tanjunguncang-Batamcentre memadati bus tersebut setelah jam operasional kembali normal. Rabu (4/5) lalu. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Penumpang Bus Trans Batam jurusan Tanjunguncang-Batamcentre memadati bus tersebut setelah jam operasional kembali normal. Rabu (4/5) lalu. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 15 unit bus baru bantuan dari Kementerian Perhubungan telah tiba di Batam. Bus-bus itu akan dialokasikan sebagai armada tambahan operasional trayek Bus Trans Batam.

Kepala Dinas Perhubungan Kota Batam, Zulhendri mengatakan 15 Bus Trans Batam itu tiba di Batam dua hari sebelumnya. Namun, bongkar muat baru dilakukan Rabu (26/5) malam dan langsung dibawa ke Kantor Dinas Perhubungan.

“ke-15 bus itu sekarang masih di Kantor (Dishub), sedang didata,” kata Zulhendri yang dihubungi, kemarin (26/5).

Bus baru yang akan beroperasi awal Juni nanti, berukuran lebih besar dibandingkan bus lama, sehingga bisa menampung sekitar 60 penumpang. Trayek yang dilalui bus baru itu pun masih trayek lama yakni Sekupang- Batamcenter dan Batamcenter-Tanjunguncang.

“Kita alokasikan untuk mengganti bus lama di dua trayek tersebut. Jadi 10 unit untuk trayek Sekupang-Batamcenter dan Batamcenter-Tanjunguncang 5 unit. Kapasitas bisa sampai 60 orang, 40 penumpang bisa duduk dan 20 berdiri,” imbuh Zulhendri.

Menurut dia, bus lama di dua trayek itu akan ditarik sesuai dengan jumlah bus baru yang ditambah. Yang kemudian dialih fungsikan untuk operasional trayek Trans Batam di rute pendek.

“Jadi bus lama itu kita gunakan untuk rute pendek, seperti Jodoh dan Nagoya,” sebut Zulhendri.

Tak hanya itu, kedepannya Zulhendri juga berharap Pemko Batam mendapat tambahan bus untuk trayek lainnya. Sehingga memudahkan masyarakat mengakses jalur yang jarang dilalui transportasi umum.

“Kita berharap 2018 mendatang ada tambahan bus baru. Sehingga kita gunakan untuk jalur Batuaji dan Galang,” pungkas Zulhendri.

Sebelumnya, Pemko telah memiliki 52 unit Bus Trans Batam. Biaya untuk menggunakan jasa Trans Batam pun lumayan murah yakni Rp 4.000 untuk umum dan pelajar sebesar Rp 2.000. (she)

Respon Anda?

komentar