6 Tips Sehat Bagi yang Banyak Menghabiskan Waktu di Depan Komputer

761
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Di zaman sekarang ini, komputer tidak bisa dilepaskan dari kegiatan sehari-hari, baik di rumah maupun di tempat kerja.

Bagi yang bekerja kantoran, mungkin 90 persen waktu Anda digunakan dengan menatap layar komputer. Namun menatap layar komputer secara berlebihan dan terlalu lama bisa menyebabkan mata menjadi lelah.

Berikut adalah tips mengatasi mata lelah akibat terlalu lama menatap layar komputer, seperti dilansir laman India Times:

1. Berikan waktu mata Anda untuk istirahat.

Sangat penting untuk memberikan mata Anda istirahat dan mengalihkan fokus Anda dari komputer. Bangun dari meja Anda untuk beberapa waktu dan bergerak, setidaknya setiap satu jam sekali atau lebih.

Jika mungkin, bersandar dan istirahatkan mata Anda selama beberapa detik.

2. Keluar dari ruang kantor Anda untuk mendapatkan udara segar.

Sangat penting untuk menghirup udara segar di sela-sela waktu kerja Anda. Ketika Anda bekerja di dalam ruangan dalam waktu lama, hal ini cenderung akan membuat mata Anda kering.

3. Lakukan beberapa latihan santai.

Tutup mata Anda dengan tangan Anda dan mengambil napas dalam-dalam melalui hidung, tahan selama beberapa detik. Lakukan gerakan ini selama 15-30 detik setiap hari untuk membebaskan diri dari ketegangan.

4. Pijat kelopak mata Anda.

Ambil kantong teh hangat dan taruh di mata Anda untuk setidaknya 10 menit.

Setelah itu pijat kelopak mata Anda sampai ke tulang alis selama sepuluh detik. Dengan melakukan ini, Anda akan merangsang kelenjar air mata, yang mencegah mata menjadi kering.

5. Gunakan tetes mata.

Duduk di depan layar komputer menyebabkan mata lelah dan kering, dalam kondisi ini dianjurkan untuk menggunakan air mawar atau tetes mata, yang tidak mengandung pengawet untuk mengurangi stres karena disebabkan kekeringan.

6. Sering berkedip.

Berkedip memberikan waktu istirahat bagi mata, sayangnya hal itu sering terlupakan karena beban kerja yang berat.

Berkedip melumasi mata dengan menyebarkan air mata secara merata di sepanjang mata Anda. Hal ini juga bisa membantu mengatasi ketegangan mata yang disebabkan oleh kekeringan. (jpnn)

Respon Anda?

komentar