Hari Ini, 1.300 Atlet Dunia Berlomba di Ajang Bintan Triathlon

744
Pesona Indonesia

Ironman_bintanbatampos.co.id – Hari ini, Sabtu (28/5) sebanyak 1.300 atlet kelas dunia berlaga dalam ajang bergengsi Bintan Triathlon 2016 yang ditaja PT Bintan Resort Cakrawala (BRC) bersama Event Organizer (EO) Metasport di Area Nirwana Gardens Resort, Kawasan Pariwisata Lagoi, Kecamatan Teluk Sebong. Dalam iven olahraga bertaraf internasional ini para atlet akan melalui tiga jenis rintangan diantaranya berenang, bersepeda dan berlari.

Untuk olahraga renang ini kondisi perairan yang akan dilintasi para atlet memiliki arus yang kecil serta visibilitasnya baik dengan suhu 29 derajat celecius. Kemudian rute balap sepedanya memiliki rintangan yang sangat menantang karena jalurnya yang berkelok-kelok dan berbukitan. Sedangkan untuk rute larinya akan membuat para atlet kewalahan karena melawan cuaca panas dan lembab di bagian utara khatulistiwa ini.

“Mereka berasal dari delapan negara diantaranya Inggris, Australia, Prancis, Belanda, Amerika Serikat, Jerman, Singapura, dan Indonesia,” ujar Kepala Dinas Pariwisata dan Kebudayaan (Disparbud) Bintan, Luki Zaiaman Prawira, Jumat (27/5).

Iven ini, kata Luki, dibagi atas lima kategori yaitu Olympic Distance yang terdiri dari lomba renang sejauh 1,5 Kilometer (Km), balap sepeda sejauh 40 Km, dan lomba lari sejauh 10 Km. Untuk kategori Sprint Distance terdiri dari lomba renang sejauh 750 meter (m), balap sepeda sejauh 20 Km dan lomba lari sejauh 5 Km. Kemudian kategori Youth Distance yang terdiri dari lomba renang sejauh 300 m, balap sepeda sejauh 12 Km, dan lomba lari sejauh 3 Km. Lalu, kategori Fun Race Duo Race Duo Challenge yang terdiri dari lomba lari sejauh 1,5 Km dan lomba renang sejauh 150 meter dan lari sampai garis finish. Sedangkan kategori Kids Distance atau khusus untuk anak-anak diperlombakan renang sejauh 150 meter, balap sepeda sejauh 6 Km, dan lomba lari sejauh 1,5 Km.

Untuk sesi perlombaannya, lanjutnya, seluruh peserta akan mengikuti lomba renang yang diadakan di Pantai Nirwana Gardens Resort. Usai berenang, peserta akan melanjutkan perlombaan balap sepeda. Dengan rutenya dimulai dari jalur Nirwana Gardens Resort-Ria Bintan-Reservior Lagoi-Pasar Ole-ole hingga ke garis finish.

“Tadi para peserta sudah menjalani pemanasan dengan mengikuti acara renang khas atau renang klasik. Sehingga saat berlaga nantinya kondisi peserta maksimal semua,” katanya.

Sementara Group General Manager (GGM) PT BRC, Abdul Wahab mengatakan iven olahraga bertaraf internasional ini sudah 12 kali ditaja di Kabupaten Bintan, khususnya di Area Nirwana Gardens Resort. Dalam acara ini akan dipadati 2000 wisatawan baik itu dari atlet maupun keluarga dan seponsor atlet. Bahkan wisatawan lokal juga ikut serta memeriahkannya.

“Acara musim semi yang ditunggu-tunggu seluruh wisatawan di dunia. Apalagi tahun ini, acaranya dikemas dengan sangat menarik yaitu posisi rerstar triathlon terpanjang di seluruh Asia,” akunya.

Acara yang ditaja kali ini tidak hanya sekedar ditunggu para atlet di seluruh dunia. Tetapi juga acara yang digemari untuk keluarga, karena ketika atlet-atlet sedang menunjukkan keahlian dan ketangkasannya dalam berlomba. Anak-anak dari para atlet juga bisa menikmati seluruh permainan yang disediakan diantaranya mewarnai, mandi busa, menaiki gajah dan lainnya.

“Iven ini juga tercatat sebagai Asia’s Premier Triathlon Festival. Karena memberikan pengalaman Triathlon yang berkesan disertai hiburan bagi para pesertanya,” ungkapnya. (ary/bpos)

Respon Anda?

komentar