Kemenag Batam Pantau Hilal di Pantai Tanjungpinggir

625
Pesona Indonesia
Tropong untuk menentukan awa puasa dan lebaran tahun 2016 ini. Foto: istimewa
Tropong untuk menentukan awal puasa dan lebaran tahun 2016 ini. Foto: istimewa

batampos.co.id – Kementerian Agama (Kemenag) Kota Batam berencana akan melaksanakan pemantauan hilal penentuan masuknya bulan Ramadan di Tanjungpinggir, Minggu (5/6) mendatang.

”Semoga cuaca bagus, dan hilal bisa terlihat,” kata Kepala Kemenag Kota Batam, Zulkifli Aka, Jumat (27/5).

Kondisi Pulau Batam yang dikelilingi oleh pulau, jadi pemantauan hilal harus dilakukan ditempat yang tinggi. Tim pemantau terdiri dari 10 orang dari berbagai kalangan seperti MUI, NU, Muhammadiyah, BMKG dan ormas Islam lainnya.
”Diperkirakan hilal baru bisa terlihat diatas empat derajat, kalau kondisi baik dan tidak terjadi hujan,” jelas dia.

Pemantauan juga menggunakan ilmu falakiyah, dimana pertama tim harus menentukan dulu posisi matahari dan bulan, adapun metode yang nanti dipakai adalah hisab atau perhitungan.
”Jam 17.00 WIB, semua sudah harus bersiap di lokasi,” ujarnya.

Meskipun pemantauan hilal baru dilakukan 5 Juni nanti. Berdasarkan ilmu hisab, Kemenag telah mengeluarkan imsyakiah, yang diharapkan bisa menjadi pedoman waktu berbuka, imsak dan sholat bagi umat Islam dalam menjalankan ibadah puasa nanti.

Pada hari pertama, umat muslim akan menyelenggarakan berbuka pada pukul 18.11 WIB, sedangkan untuk Imsak jatuh pada pukul 4.26 WIB. ”Minggu (5/6) malam semua sudah bisa melaksanakan tarawih,” imbaunya.

Penentuan awal Ramadan nanti diharapkan tidak ada perbedaan antara ormas Islam seperti Nahdatul Ulama (NU) dan Muhammadiyah. (cr17/bpos)

Respon Anda?

komentar