Dirjen Perhubungan Darat Resmikan Pelabuhan Roro Penarik Lingga

1046
Pesona Indonesia
 Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar (baju putih) bersama Bupati Lingga, Alias Wello, usai meresmikan pelabuhan roro penarik. foto:hasbi/batampos
Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar (baju putih) bersama Bupati Lingga, Alias Wello, usai meresmikan pelabuhan roro penarik. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Akses laut melalui pelabuhan Roll on Roll Off (Roro) Penarik, Kecamatan Lingga resmi beroprasi. Pelabuhan penyeberangan tersebut diresmikan langsung oleh Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar, Sabtu (28/5).

Didampingi Bupati Lingga, Alias Wello, Direktorat Jendral (Dirjen) Perhubungan Darat, Pudji Hartanto Iskandar sengaja datang ke Lingga untuk meresmikan pelabuhan yang telah dikerjakan sejak tahun 2011 lalu. Dalam sambutannya, Awe panggilan akrab Bupati Lingga mengucapkan rasa terimakasih kepada Kementerian perhubungan RI.

“Saya mengucapkan banyak terimakasih atas terealisasinya satu lagi pelabuhan roro di Lingga. Kita sangat terbantu suport dana dari pusat membangun pelabuhan ini,” ungkap Awe.

Untuk pembangunan Pelabuhan Roro Penarik, sedikitnya menghabiskan anggaran Rp 45 miliar dari kemenhub yang dikerjakan oleh Provinsi Kepri selama 5 tahun. Disampaikan Awe, dibukanya jalur laut ini, Penarik-Jagoh akan semakin memudahkan aktifitas barang dan warga Kabupaten Lingga. Terlebih lagi, untuk pasokan sembako yang harus didatangkan dari luar daerah.

“Tentu sangat bermanfaat banyak bagi wilayah kepulauan. Kita juga harapkan Dirjen Perhubungan Darat segera merealisasikan trayek Roro ini nanti membuka rute Penarik-Jagoh-Kuala Tungkal, Provinsi Jambi,” jelas Awe.

Ketergantungan Lingga dengan pasokan barang dari pulau Sumatra yakni Jambi, diharapkan Awe segera terealisasi. Untuk itu, trayek baru harus dibuka, memenuhi kebutuhan sembako warga kepulauan Lingga.

“Kami betul-betul mangharapkan rute dari Kuala Tungkal ke sini akan terealisasi secepat mungkin. Kami sangat ketergantungan sembako dari Jambi ini. Rute ini kedepannya sangat dominan. Sejauh ini, kan kita hanya dilayani oleh kapal kayu, kalau pas musim ombak kuat, sangat susah mereka akan melewati, otomatis harga-harga sembako sangat melonjak,” harapnya.

Melalui SK Nomor 1882/AP.204/DRJD/2016 tentang revisi penetapan lintas penyeberangan perintis tahun anggaran 2016, Dirjen Perhubungan Darat membuka resmi roro Penarik dengan pelayaran perdana Penarik – Jagoh -Telaga Punggur, Batam.

“Mudah-mudahan kami mendapat tambahan lagi dimasa akan datang. Semoga pelabuhan Sungai Tenam juga dapat beroperasi 1 Juni ini,” tutup Awe. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar