Antisipasi Mudik Lebaran, Dishub Natuna Minta Tambahan Kapal ke Pelni

849
Pesona Indonesia
KM Bukit Raya saat berlabuh di Selat Lampa. foto:dok
KM Bukit Raya saat berlabuh di Selat Lampa. foto:dok

batampos.co.id – Lonjakan penumpang arus mudik Lebaran bakal kembali terjadi di Natuna sehingga penumpang kapal akan padat. Pasalnya jadwal kapal masih minim.

Kepala Bidang Perhubungan Laut Dinas Perhubungan Pemkab Natuna Said Lukman mengaku, pemda sudah meminta untuk menambah kapal tujuan Natuna termasuk melayani pulau-pulau lainnya.

“Memang perkiraan jumlah penumpang kapal tidak seramai tahun lalu, tapi perlu diantisipasi, karena lebaran tahun ini bertepatan libur nasional,” kata Lukman, Senin (30/5).

Armada pelni, kata Lukman, yang melayari Natuna dan pulau-pulau masih mengandalkan kapal KM Bukit Raya serta kapal Sabuk Nusantara 30 dan 39. Namun dalam bulan ini Kapal Sabuk Nusantara akan memasuki masa DOK.

“Memasuk mudik Lebaran, hanya KM Bukit Raya, kapal perintis Sabuk Nusantara jadwalnya perawatan, jadi bisa menggangu arus mudik,” sebut Lukman.

Alternatif pemerintah daerah, sambung Lukman, kapal feri dengan kapasitas 20 penumpang untuk membantu warga ke pulau-pulau, seperti Midai dan Serasan.

Sahbandar Ranai, Sismawati mengaku, jadwal kapal di bulan Juni hanya KM Bukit Raya pada bulan Juni tanggal 22 dan KM Lawit sebulan sekali pada bulan Juni. Dan ditambah kapal peritis trigas.

“Kapal Bukit Rayaakan merapat di Tambelan, ditambah kapal KM Lawit merapat di Subi dan Tambelan,” kata Sismawati.(arn/bpos)

Respon Anda?

komentar