Awal Puasa Ramadan Ditetapkan 6 Juni

1539
Pesona Indonesia
(ilustrasi)
(ilustrasi)

batampos.co.id – Ketua Pimpinan Daerah (PD) Muhammadiyah Kabupaten Karimun, H Bustami Datuk Rajo Mara mengatakan, bahwa awal puasa Ramadan 1437 H jatuh pada hari Senin (6/6) mendatang. Hal ini berdasarkan hasil hakiki wujudul hilal yang dipedomani oleh Majelis Tarjih dan Tajdid PP Muhammadiyah. Dimana ijtimak jelang Ramadan 1437 H terjadi pada Ahad Legi, 5 Juni 2016 Masehi pukul 10.01.51 WIB. Tinggi bulan pada saat matahari terbenam di Yogyakarta dan di seluruh wilayah Indonesia berada di atas ufuk.

” Jadi kita pastikan bahwa 1 Ramadan ditetapkan jatuh pada hari Senin, 6 Juni 2016,” jelas H Bustami Datuk Rajo Mara, di Tanjungbalai Karimun, kemarin (30/5).

Menurut dia, Ramadan menjadi momentum untuk terus meningkatkan diri dalam beribadah dan hubungan sosial dengan sesama masyarakat. Walaupun dari Pemerintah Pusat hingga saat ini belum menetapkan awal puasa Ramadan. Akan tetapi, tidak menjadi masalah bagi umat muslim. Yang paling penting adalah, umat muslim wajib menjalankan puasa di bulan suci Ramadan.

” Saya berharap masyarakat bisa meningkatkan nilai ke Islaman memasuki Ramadan tahun ini,” ujarnya.

Sementara itu Kepala Kantor Kementerian Agama Karimun, H Aprizal memprediksi, bahwa penetapan awal puasa Ramadan 1437 H oleh Pemerintah Pusat akan sama dengan Muhamadiyah pada tahun ini. Dimana, penetapan awal puasa dilakukan dalam sidang penetapan (isbat) awal Ramadan bersama MUI dan ormas-ormas Islam berdasarkan hasil hisab dan rukyah. Sidang dilaksanakan, Minggu 5 Juni 2016 nanti.

“Insya Allah, akan sama awal Ramadan kali ini kita sama Muhammadiyah. Pada intinya, perbedaan tidak sebagai suatu hambatan. Namun, wajib melaksanakan ibadah puasa selama bulan Ramadan,” ucapnya. (tri/bpos)

Respon Anda?

komentar