Duh, Terumbu Karang di Benan Lingga Memutih

750
Pesona Indonesia

Benan-karangbatampos.co.id – Tingginya temperatur air laut akibat perubahan iklim dan El Nino sejak Januari 2016 mempengaruhi seluruh perairan di Indonesia. Hal tersebut juga membuat terumbu karang di desa wisata Pulau Benan, Senayang, Lingga, Kepri, mengalami pemutihan karang atau coral bleaching.

Hasil pengamatan tim selam Lingga, lewat kegiatan pelatiahan selam dasar (open water) oleh Dinas Kelautan dan Perikanan (DKP) Kabupaten Lingga program Coral Reef Rehabilitation dan Management Program (Coremap-CTI), hampir merata di seluruh pesisir pantai Benan, terumbu karang mengalami pemutihan.

Jurianto M.Nur, SPi Dive Master Associaton Diving School (ADS), instruktur selam yang telah beberapa tahun terakhir menggelar pelatihan selam di Lingga mengatakan, dampak perubahan suhu laut cukup mempengaruhi terumbu karang di Benan.

“Tahun ini sangat berpengaruh. Karang banyak yang mengalami bleaching,” ungkapnya.

Peristiwa bleaching adalah panas yang terjadi membuat perubahan warna pada jaringan karang. Dari warna alaminya yang kecoklat-coklatan atau kehijau-hijauan menjadi warna putih pucat.

“Pemutihan karang ini dapat mengakibatkan kematian pada karang,” tambahnya.

Dari pengamatan awal yang berlangsung, mulai dari kedalaman 1 hingga 6 meter, baik karang keras maupun jenis karang lunak, mengamai pemutihan merata di seluruh pesisir desa wisata Benan.

Kondisi ini tentu juga mengancam keberadaan karang maupun desa wisata yang menawarkan wisata snorkling maupu diving tersebut. Hal ini perlu mendapat pemantauan khusus untuk mengukur tingkat kerusakan dan kematian karang untuk melakukan upaya pemulihan. (mhb)

Respon Anda?

komentar