Lanal Lepas Dua Kapal yang Disandera Warga Penaah

1066
Pesona Indonesia
Dua kapal nelayan yang sempat disandera warga. Foto: hasbih/batampos
Dua kapal nelayan yang sempat disandera warga. Foto: hasbih/batampos

batampos.co.id – Penyandraan kapal Rizky Baru II berkapasitas 29 GT dan Kapal Sunlin Jaya I berkapasitas 48 GT beberapa waktu oleh warga pesisir desa Penaah kecamatan Senayang, Daik, Lingga, akhirnya dilepas Lanal Dabo Singkep.

Penyandraan ini sempat membuat ketegangan karena warga mengancam akan membakar kapal jenis jala jatuh (red Bouke Ami) yang diduga beroprasi di sekitar pemukiman masyarakat.

Untuk meredam aksi anarkis warga, aparat memindahkan kapal yang telah diamankan warga tersebut ke perairan Dabo Singkep.

Letda Arifin Danunit, Intel Lanal Dabo Singkep membenarkan kedua unit kapal telah dilepas di Dabo Singkep.

“Terkait kapal tersebut diizinkan kembali berlayar sesuai dengan tujuan di Dokumen yang telah dipelajari Lanal Dabo Singkep. Alasan diberikan izin berlayar kembali karena tidak ada maksud dan tujuan masuk ke wilayah kelautan di Kecamatan Senayang untuk melakukan penangkapan sotong ataupun ikan,” ungkapnya.

Disampaikannya, karena kerusakan salah satu kapal yang terjadi saat beroprasi pada 22 Mei lalu, yakni Rizky Baru II 29 GT maka kapal Sunlin Jaya I 48 GT datang untuk membantu.

“Salah satu kapal rusak dan Sunlin Jaya I datang untuk membantu. Sebelum memasuki wilayah, juga sudah dapat izin dari masyarakat setempat,” tambahnya.

Sedangkan terkait ganti rugi yang diminta warga kepada kedua unit kapal yang diduga membuat nelayan tradisional tidak mendapat hasil sejak maraknya oprasi di sekitar laut Penaah, Letda Arifin mengatakan ia tidak ikut jauh lebih mendalam.

Sebelumnya warga menuntut Rp 500 juta kepada kapal yang diduga memberi dampak negatif bagi nelayan tradisiolan desa Pena’ah.

“Itu diurus antar pimpinan terkait di kabupaten Lingga,” terangnya.

Sementara penyerahan dokumen kepada Nakhoda kapal dilakukan di Lanal Dabo Singkep oleh Pasiintel Lanal Dabo Kapten Ibnu Sina dan Kapten Firman (Pasiops Lanal Dabo ) pada Minggu (29/5/2016) lalu. (mhb)

Respon Anda?

komentar