Pelindo Bersikeras Naikkan Tarif Parkir 1 Juni

542
Pesona Indonesia
Mulai 1 Juni 2016, Pelindo akan menaikkan tarif parkir di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. F.Yusnadi/Batam Pos
Mulai 1 Juni 2016, Pelindo akan menaikkan tarif parkir di pelabuhan Sri Bintan Pura Tanjungpinang. F.Yusnadi/Batam Pos

batampos.co.id – Meski memperoleh penolakan keras dari Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang, PT Pelindo I Tanjungpinang tetap bersikeras akan menaikkan tarif parkir di Pelabuhan Sri Bintan (SBP) Tanjugpinang, mulai 1 Juni 2016 mendatang.

Mendengar itu, anggota Komisi II Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Kota Tanjungpinang, Syahrial secara tegas mengatakan akan memanggil pihak PT Pelindo I Tanjungpinang.

“Pihak Pelindo harus menjelaskan apa latar belakang menaikkan tarif parkir. Setiap kebijakan yang berjalan dengan kepentingan masyarakat harus dibicarakan dulu dengan Pemda. Jangan semena-mena,” ujar Syahrial, Senin (30/5).

Sebelumnya, pihaknya telah memanggil Pelindo I Tanjungpinang. Tapi permintaan tersebut tidak digubris. “Tapi kalau sampai undangan ketiga tidak juga hadir memenuhi undangan, kami bersama pihak kepolisian akan memanggil paksa,” ujar Syahrial.

Politisi PDI-P itu juga mengatakan, dalam waktu dekat, pihaknya akan melaporkan kinerja PT Pelindo I Tanjungpinang kepada BUMN dan DPR RI.

“Kami juga akan meminta kepada pemerintah pusat, untuk menyetujui pemerintah daerah mengambil aset–aset yang dikelola Pelindo ini. Selain meminta pemerintah pusat menyerahkan aset. Kami juga menginginkan PT Pelindo Tanjungpinang diusir dari Kota Tanjungpinang,” katanya.

Atas persoalan yang kerap muncul antara Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang dan PT Pelindo I Tanjungpinang, Syahrial sudah menyarankan agar dibentuk Badan Usaha Pelabuhan (BUP). Menurutnya, jika pengelolaan persoalan pelabuhan di Kota Tanjungpinang masih dipegang Pelindo I Tanjungpinang, maka Pelabuhan SBP tidak akan dapat dibenahi secara sempurna.

Selain itu, Pemko Tanjungpinang juga tidak bisa berbuat banyak untuk membenahi pelabuhan, baik itu Sri Bintan Pura maupun Pelabuhan Sri Payung Batu Enam.

Manajer Bisnis PT Pelindo I Tanjungpinang, Sutoro membenarkan akan melakukan kenaikan tarif parkir di Pelabuhan SBP pada Rabu 1 Juni 2016.

Terkait itu, dia mengatakan telah mengabarkan rencana tersebut kepada Wali Kota Tanjungpinang, Lis Darmansyah dan Ketua DPRD Tanjungpinang, Suparno.

“Yang jelas kami sudah memberikan surat pemberitahuan kepada Wali Kota Tanjungpinang dan Ketua DPRD Kota Tanjungpinang,” ujarnya.

Adapun besaran tarif yang akan dinaikkan, yaitu tarif parkir sepeda motor dari Rp 1.000 menjadi Rp 2.000. Sementara untuk tarif kendaraan rosa empat dari Rp 2.000 menjadi Rp 3.000. Masing-masing untuk dua jam pertama. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar