Bangun Karakter Mulia Para Prajurit, Marinir 10 SBY Gelar Khatam Menulis Alquran

700
Pesona Indonesia
Sebanyak 369 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/ Satria Bumi Yudha (SBY), saat khatam menulis mushaf Alquran di Masjid Al-Barkah di Mako Batalyon Marinir 10 Setokok Barelang, Rabu (1/6).  Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Sebanyak 369 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/ Satria Bumi Yudha (SBY), saat khatam menulis mushaf Alquran di Masjid Al-Barkah di Mako Batalyon Marinir 10 Setokok Barelang, Rabu (1/6). Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 369 prajurit Batalyon Infanteri (Yonif) 10 Marinir/ Satria Bumi Yudha (SBY), melakukan kegiatan khatam menulis mushaf Alquran dalam waktu 20 menit secara bersama-sama, di Masjid Al-Barkah di Mako Batalyon Marinir 10 Setokok Barelang, Rabu (1/6).

Kegiatan tersebut digelar dalam rangka menyambut datangnya bulan suci Ramadan 1437 H, yang jatuh pada 6 Juli 2016 ini.

Penulisan mushaf Alquran dilakukan serentak oleh parajurit Marinir diseluruh jajaran Kompi Markas Brigif-3 Marinir, bersama masyarakat desa dibagian pesisir.

“Di Batalyon kita libatkan sebanyak 369 prajurit, ditambah 50 orang dari anak-anak panti asuhan,” ujar Perwira Seksi Personalia, (Pasipers) Lettu, M Rasyid Ihsan.

Kegiatan serupa juga dilakukan di Markas Komando Brigif 3 Marinir, Bandar Lampung, diikuti 150 prajurit ditambah 50 dari masyarakat, kemudian di Batalyon Infanteri 7 Marinir (Yonif) 7 Marinir Lampung, diikuti 300 prajurit ditambah 86 masyarakat. Batalyon Infanteri (Yonif) 9 Marinir/Bala Jala Yudha Perkasa diikuti 326 prajurit ditambah 75 masyarakat dan Batalyon Infanteri (Yonif) 8 Marinir Sumatera Utara diikuti 343 prajurit ditambah 60 orang masyarakat.

“Jumlan dari prajurit Marinir sekitar 1488, 321 dari masyarakat. Total keseluruhan sebanyak 1809 peserta,” ungkap Rasyid.

Lanjut Rasyid, 1809 peserta yang ikut akan melakukan khatam menulis tiga mushaf Alquran. Setiap satu orang prajurit diberi satu lembar kertas untuk menulis ayat-ayat Alquran menggunakan pensil. Nantinya ayat-ayat yang sudah ditulis kemudian dikumpul dan dikirim ke Markas Komando Brigif 3 Marinir untuk disatukan dari Batalyon lain.

“Akan dijadikan arsip,” imbuhnya.

Tujuan sari kegiatan ini adalah untuk membangun karakter mulia para prajurit dan juga masyarakat setempat serta memperkokohkan ukhwah wathoniyah dan ukhwah insyaniah.

“Sebelum melakukan acara ini kita sudah latihan penulisan surat yasin minggu lalu. Kegiatan ini kali pertama kita adakan,” tutupnya. (cr14)

Respon Anda?

komentar