Cegah Banjir, Seluruh PNS Goro Hari Ini

589
Pesona Indonesia
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos
Wali Kota Batam Muhammad Rudi. Foto: Cecep Mulyana/ Batam Pos

batampos.co.id – Wali Kota Batam, Muhammad Rudi mengintruksikan seluruh pegawai negeri sipil (PNS) Pemko ikut dalam kegiatan gotong royong yang dilaksanakan pada hari ini,(2/6). Hal itu dilakukan sebagai upaya mengantisipasi banjir yang diakibatkan sampah.

“Seluruh pegawai wajib ikut gotong royong hari Kamis. Tak ada yang tidak ikut,” kata Rudi, kemarin (1/6).

Menurut dia, gotong royong itu dilaksanakan serentak di seluruh Batam. Karena itu, seluruh PNS wajib membawa baju olahraga untuk dipakai saat gotong royong berlangsung.

“Usai goro, seluruh pegawai kembali bekerja. Kita berharap goro ini bisa mencegah terjadinya banjir. Diduga banjir disebabkan oleh drainase yang tersumbat karena sampah,” terang Rudi lagi.

Kegiatan goro juga akan melibatkan instansi lain seperti Yonif Marinir 10 SBY, Polresta Barelang, Brimob Polda Kepri, Batalyon 136 Tuah Sakti, Kodim 0316, serta Tim Penggerak PKK Kota Batam. Gotong royong dilaksanakan di satu titik pada tiap kecamatan. Di Kecamatan Sekupang, goro digelar di Perum Taman Laguna Indah Kelurahan Tanjungriau. Permasalahan di lokasi tersebut yakni sering terjadi banjir.

Kemudian di Kecamatan Batuaji, tepatnya di Perum Kodim RW 25 Kelurahan Buliang dengan permasalah pendangkalan sungai dan gorong-gorong. Goro di Kecamatan Sagulung diadakan di RT 1 RW 18 Puri Brata Indah Kelurahan Sagulung Kota. Permasalahannya yaitu ada proyek pelabuhan pelantar tahun 2010.

Di Kecamatan Seibeduk goro dilaksanakan di RW 1 Lapangan Garuda Mangsang Permai Kelurahan Mangsang. Permasalahannya yakni ada parit yang tersumbat di blok C, D, dan E.

Masalah parit tersumbat juga terjadi di Legenda Malaka depan Kelurahan Baloi Permai Kecamatan Batam Kota. Sementara di Kecamatan Lubukbaja difokuskan pada aliran air yang tersumbat di sepanjang saluran Dana Graha Nagoya.

Gotong royong di Kecamatan Nongsa diadakan di depan kantor Kelurahan Kabil sampai ke Teluk Nipah. Permasalahannya yaitu banyak sampah yang berserakan. Di Kecamatan Bengkong, goro diadakan di Kampung Swadaya Harapan RW 5 Kelurahan Sadai. Kegiatannya berupa normalisasi drainase.

Dan lokasi terakhir yaitu di Kelurahan Tanjungsengkuang wilayah Melcem di tujuh RW. Permasalahan yang hendak diperbaiki di Kecamatan Batuampar ini adalah banjir.

“Pelaksanaannya dilakukan serentak,” pungkas Rudi. (she)

Respon Anda?

komentar