Dana Bantuan untuk Anak Jalanan Macet

592
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Surjadi. foto:yusnadi/batampos
Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Surjadi. foto:yusnadi/batampos

batampos.co.id – Dana bantuan yang diperuntukkan bagi 80 anak jalanan binaan Pemerintah Kota (Pemko) Tanjungpinang macet sejak tahun 2015 lalu.

Seharusnya, setiap tahun anak jalanan masing-masing memperoleh Rp 3 juta. Pada tahun 2013, dana yang diberikan telah sesuai besaran yang ditetapkan. Tapi tahun 2014, dana yang diberikan menyusut menjadi Rp 2,5 juta.

“Tahun 2014 diberi Rp 2,5 juta karena anggaran cuma ada segitu. Sementara di tahun 2015, kita defisit,” ujar Kepala Dinas Sosial dan Tenaga Kerja (Dinsosnaker) Kota Tanjungpinang, Surjadi, usai membuka Kegiatan Penertiban dan Pembinaan Anak Jalanan, di Kantor Dinsosnaker Kota Tanjungpinang, Rabu (1/6).

Surjadi mengatakan, tahun 2016 ini pihaknya telah mengusulkan bantuan untuk anak jalanan. “Kami tetap mengusulkan Rp 3 juta untuk setiap anak. Kita tetap usulkan di pola bantuan sosial (Bansos),” ujarnya.

Bantuan tersebut, kata Surjadi diperuntukkan bagi kebutuhan sekolah anak. Berdasarkan data Dinsosnaker Kota Tanjungpinang, jumlah anak jalanan binaan Pemko Tanjungpinang berjumlah 80 orang, dengan rincian 50 anak laki-laki dan 30 anak perempuan.

Sejumlah 80 anak tersebut memiliki rincian pendidikan, yakni 41 murid SD, 21 siswa SMP, 3 siswa SMA. Sementara 9 orang lainnya putus sekolah.

Surjadi melanjutkan, Dinsosnaker Kota Tanjungpinang akan kembali melakukan pendataan anak jalanan yang belum masuk ke dalam binaan. “Kami berharap jumlah anak jalanan selalu berkurang setiap tahunnya,” ujarnya.

Wakil Wali Kota Tanjungpinang, Syahrul mengatakan, kunci penting untuk menekan jumlah anak jalanan adalah orang tua. “Yang paling penting adalah orang tua,” ujarnya.

Dengan adanya komitmen dari orang tua, Syahrul yakin persoalan anak jalanan dapat diatasi dengan baik. “Bimbinglah anak ke jalan yang baik. Kenalkan dia kepada Tuhannya,” ujarnya. (Lra/bpos)

Respon Anda?

komentar