Desa Wisata Benan Dapat Bantuan Jalan Wisata dan Visitor Center

1346
Pesona Indonesia
Jalan di Desa Wisata Benan yang sudah rusak kini mendapat bantuan. foto:hasbi/batampos
Jalan di Desa Wisata Benan yang sudah rusak kini mendapat bantuan. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Desa wisata Pulau Benan, Senayang, yang menjadi salah satu kawasan konservasi karang sejak tahun 1999 di Kabupaten Lingga akan mendapat bantuan jalan dan kantor Visitor Center dari kegiatan Coral Reff Rehabilitation and Management Program-Coral Triangle Initiative (Coremap-CTI). Hal tersebut disampaikan langsung oleh Abang Muzi, Kepala Dinas kelautan dan Perikanan diwakili Kabid Pengelolaan Sumber Daya Dinas Kelautan dan Perikanan Kabupaten Lingga, Indra Rukian, Rabu (1/6).

Dikatakannya, untuk mendukung kegiatan pariwisata Desa Benan, DKP Kabupaten Lingga melalui Coremap CTI Fase III selain menjaga lingkungan laut dan karang, juga akan membantu sarana dan prasarana serta fasilitas penunjang desa wisata.

“Kita akan bangun jalan semenisasi dan visitor center atau entry point untuk kegiatan wisata Desa Benan. Dalam waktu dekat tahun ini juga akan segera dibangun,” ungkap Abang Muzni.

Sebelumnya penetapan wilayah perairan Benan menjadi salah satu kawasan konsevasi karang, dimulai dari tahap penyadaran masyarakat. Dampaknya begitu dirasakan masyarakat. Aktifitas warga nelayan yang semula banyak pengrusakan lingkungan berkurang. Kini, Desa Benan, semakin siap menjadi desa wisata berbasis lingkungan yang pengelolaannya langsung digerakkan oleh masyarakat.

“Semeninisasi jalan lebih kurang 300 meter dari pelabuhan menuju kota. Di jalan masuk pelabuhan, pihak desa sedang mencarikan lahannya,” tambahnya.

Ia berharap, adanya bantuan Coremap CTI yang digerakkan DKP dari dana hibah pusat serta bantuan Asian Development Bank (ADB), pemanfaatan lingkungan yang menjadi nilai jual dan tawaran utama wisata bahari Benan, semakin apik. Selain itu, untuk kesiapan sumber daya manusia (SDM), pelatihan selam bagi guide-guide lokal dan juga pengolahan souvenir bagi warga desa juga diberikan DKP. Tentunya, hal ini akan semakin mendongkrak kesiapan desa tersebut yang menjadi pintu masuk wisata Kabupaten Lingga.

“Coremap CTI Fase III ini guna melanjutkan kegiatan sebelumnya yakni lebih kepada pemanfaatan, pengelolaan dan penguatan kelembagaan,” jelas Abang Muzni.

Sementara itu, ditempat lain, Mar’at, Kepala Desa Benan mengatakan pihak desa sangat menyambut baik bantuan Coremap CTI dari DKP. Meski juga akan mendapat bantuan jalan lingkar dari pemprov, tentunya bantuan dari DKP tersebut akan semakin menunjang pariwisata desa yang ia pimpin.

“Kita sangat berterima kasih untuk bantuan ini. Manfaat dari kegiatan Coremap membangun dan menyadarkan warga kami sangat dirasakan. Sekarang, warga lebih sadar. Tidak ada lagi aktifitas pengrusakan lingkungan. Ini akan menunjang desa wisata Benan untuk lebih siap sebagai pintu masuk utama wisata bahari Kabupaten Lingga, Kepri,” tutupnya. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar