Bengkulu dan Sumbar Diguncang Gempa 6,5 SR

350
Pesona Indonesia
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

batampos.co.id – Gempa berkekuatan 6,5 SR mengguncang Sumatera Barat dan Bengkulu, Kamis (2/6) pada pukul 05.56 WIB. Pusat gempa di laut dengan kedalaman 72 km di 79 km Barat Daya Pesisir Selatan Sumatera Barat atau 115 Barat Laut Muko-Muko Bengkulu.

“Gempa dipicu oleh aktivitas subduksi lempeng Hindia Australia dan lempeng Eurasia di zona benioff bagian atas. Posko BNPB telah menganalisis guncangan gempa dari BMKG, USGS dan GDAC,” kata Kepala Pusat Data Informasi dan Humas Badan Nasional Penanggulangan Bencana (BNPB), Sutopo Purwo Nugroho, Kamis (2/6).

Berdasarkan peta guncangan gempa atau gempa dirasakan dari BMKG, maka intensitas gempa dirasakan di Solok, Painan, Muko-muko IV-V MMI (II SIG BMKG); Kepahiang, Padang Panjang III-IV MMI (II SIG BMKG); Kabupaten Agam, Kabupaten 50 Kota III MMI (II SIG BMKG).

Berdasarkan analisis guncangan gempa dari USGS (Badan Geologi Amerika) di Pesisir Selatan berintensitas VI MMI (kuat), sedangkan di Muko-Muko IV MMI (sedang). Potensi kerusakan akibat gempa hanya ringan. Sedangkan berdasarkan analisis dari Global Disaster Alert and Coordination System, guncangan gempa berintensitas VI MII (kuat) di Desa Gati Kabupaten Pesisir Selatan.

“Tingkat kerusakan yang ditimbulkan akibat gempa ringan. Hal ini disebabkan gempa yang terjadi adalah gempa dengan kedalaman menengah, di mana ciri gempa kedalaman menengah spectrum getarnya luas namun tidak menimbulkan kerusakan yang massif.  Gempa tidak berpotensi tsunami,” terang Sutopo. (ad

Respon Anda?

komentar