Pemkab Karimun Terapkan ASN Mengaji selama Ramadan

1281
Pesona Indonesia
TS Arif Fadillah. foto;dok
TS Arif Fadillah. foto;dok

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun mengeluarkan surat edaran (SE) nomor 848/BKD-3/204/V/2016 tentang Penetapan Jam Kerja dan Pakaian Aparatur Sipil Negara (ASN) dan tenaga honorer selama Ramadan. Selain itu, selama Ramadan pelaksanaan apel pagi dan sore ditiadakan.

”Apa yang kita lakukan ini menindaklanjuti SE Menteri Pendayagunaan Aparatur Negara, Reformasi dan Birokrasi (Menpan RB) Republik Indonesia Nomor 3 tahun 2016 tentang Penetapan Jam Kerja Aparatur Sipil Negara (ASN) selama dan SE Gubernur Kepri Nomor 108/0623/SET tertanggal 23 Mei 2016. Yakni, jam masuk kerja Senin sampai Kamis mulai pukul 08.00 WIB sampai pukul 15.00 WIB. Sedangkan untuk Jumat jam masuk kerja tetap dan pulangnya pukul 14.00 WIB,” ujar Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Karimun, TS Arif Fadillah, Rabu (1/6).

Di dalam surat tersebut juga, katanya, disampaikan bahwa apel pagi dan sore hari ditiadakan. Hanya saja, untuk tetap meningkatkan kedisiplinan ASN dan honorer. Maka, setiap kepala satuan kerja pemerintah daerah (SKPD) wajib untuk mengabsen setiap pegawainya. Dan, dilaporkan juga setiap hari ke Badan Kepegawaian Daerah (BKD). Artinya, jangan sampai ada yang memanfaatkan tidak diberlakukannya apel pagi dan sore, maka tidak masuk kerja tepat waktu.

”Untuk soal pakaian tetap ada perbedaan bagi pegawai ASN dan tenaga honorer pada hari yang sudah ditentukan. Yakni, untuk ASN mulai Senin (6/6) memakai baju putih dan dilengkapi dengan peci dan untuk penaga honorer menggunakan baju biasa seperti yang dipakai hari kerja dan juga menggunakan peci. Kemudian, Selasa-Rabu semuanya memakai muslim dan Kamis menggunakan baju batik dan peci. Jumat baju kurung. Untuk perempuan muslimah menyesuaikan dan menggunakan jilbab,” tegas Sekda.

Untuk kegiatan keagamaan lain, Arif menjelaskan, Ramdan merupakan salah satu bulan yang penuh dengan berkah. ”Untuk itu pada tahun ini salah satu sasaran kita juga adalah meningkatkan iman dan taqwa melalui salat berjamaah khususnya pada waktu zuhur ditempat yang sudah disediakan di lingkungan Kantor Bupati Karimun. Kemudian, kita menyiapkan program ASN mengaji untuk setiap SKPD, termasuk kantor camat selama 20 hari. Jadi, dalam satu hari diharapkan ada SKPD yang bisa khatam Alquran. Siapa yang paling banyak akan diberikan reward,” ungkapnya. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar