Peta baru jalur masuk ke Funtasy Island dari Singapura yang sebelumnya warna toska semua, kini sudah diubah jadi warna merah. Sumber: funtasyisland.com
Peta baru jalur masuk ke Funtasy Island dari Singapura yang sebelumnya warna toska semua, kini sudah diubah jadi warna merah. Sumber: funtasyisland.com

batampos.co.id – Kementerian Luar Negeri (Ministry of Foreign Affairs/MFA) Singapura angkat bicara soal Funtasy Island atau Pulau Manis, Batam. MFA memastikan Singapura sama sekali tak pernah mengklaim memiliki pulau tersebut.

Baca Juga: Ada Kapal Khusus untuk Wisatawan Lokal ke Funtasy Island

Dalam rilisnya kepada koran Batam Pos (grup batampos.co.id), Rabu (1/6/2016), MFA Singapura justru mengaku bingung dengan komentar para anggota parlemen di Indonesia yang menuding Singapura berniat mencaplok Pulau Manis.

“Singapura tidak pernah menyangsikan kedaulatan Indonesia atas Pulau Manis dan Singapura tidak mengklaim pulau tersebut.” tulis petugas MFA Singapura.

Baca Juga: Sepotong Surga di Belakangpadang

Sementara Wali Kota Batam, Muhammad Rudi, sebelumnya menyebut isu ini sengaja dimunculkan oleh pihak-pihak yang merasa tidak senang dengan pengembangan Pulau Manis menjadi kawasan wisata terpadu.

“Hal ini sudah pernah muncul tahun 2013 lalu, dan kini di-publish lagi. Maksudnya apa sih, siapa yang mainkan itu,” kata Rudi.

Baca Juga: Funtasy Island Masuk Singapura? Kadispar: Itu Peta Jalur Wisata

Hal senada disampaikan Kepala Disparbud Kota Batam, Yusfa Hendri. Menurut dia, ada pihak yang sengaja memunculkan isu tersebut untuk memperkeruh keadaan.

“Namun siapa itu, saya tidak tahu,” katanya. (she/bp)

Respon Anda?

komentar