Sumatera Barat Diguncang Gempa, Tak Berpotensi Tsunami

401
Pesona Indonesia
Ilustrasi gempa
Ilustrasi gempa

batampos.co.id – Gempa berkekuatan 6,5 pada skala richter kembali menguncang Pesisir Selatan, Sumatera Barat (Sumbar), pada Kamis (2/6) pagi, sekitar pukul 05.56 WIB.

Badan Meteorologi Klimatologi dan Geofisika (BMKG), mencatat lokasi pusat gempa tepatnya berada di laut 79 Km  Barat Daya Pesisir Selatan, Sumbar. Tepatnya di titik koordinat 2.29°LS dan 100.46°BT.

Kepala Pusat Gempabumi dan Tsunami BMKG Mochammad Riyadi menyebutkan, gempa tersebut berkedalaman 72 km. Sehingga tidak berpotensi tsunami.

“Dari hasil monitoring BMKG selama satu jam belum ada gempa bumi susulan. BMKG terus memonitor perkembangan gempabumi susulan dan hasilnya akan diinformasikan kepada masyarakat,” ungkap Mochammad Riyadi, Kamis (2/6/2016).

Dia menyebutkan, gempa bumi dirasakan cukup keras oleh masyarakat yang berada di Painan, Padang dan Padang Panjang, Sumatera Barat dan Kepahiyang, Provinsi  Bengkulu. “Sementara belum  ada  laporan  informasi mengenai kerusakan,” imbuhnya.

Lebih jauh dia menuturkan, gempa bumi ini disebabkan aktivitas subduksi penunjaman Lempeng Indo-Australia terhadap Lempeng Eurasia.

“Hasil analisis mekanisme sumber memperlihatkan bahwa gempabumi ini dibangkitkan oleh aktivitas sesar naik,” terangnya.

Dia menghimbau masyarakat untuk tetap tenang dan mengikuti arahan Badan Penangulangan Bencana Daerah (BPBD), serta informasi dari BMKG dan tidak mudah terpancing oleh isu yang tidak bertanggung jawab mengenai gempa dan tsunami. (iil/JPG)

Respon Anda?

komentar