Alhamdulillah, Muslim di Xinjiang Tahun Ini Bebas Ibadah Ramadan

764
Pesona Indonesia
Umat Islam di Cina saat melaksanakan ibadah. Foto: AFP
Umat Islam di Cina saat melaksanakan ibadah. Foto: AFP

batampos.co.id – Masyarakat mulsim yang tinggal di Xinjiang, Cina, tahun ini bisa menjalankan ibadah tanpa ada hambatan dari Pemerintah Cina.

Bahkan, Kamis (2/6/2016) lalu, pemerintah setempat menyebutkan bulan Ramadan yang akan dimulai 6 Juni ini akan berlangsung aman.

Sebenarnya, puasa sebagai salah satu kegiatan ibadah bagi umat muslim sensitif di Xinjiang. Bahkan beberapa tahun sebelumnya, umat Islam di sana dilarang berpuasa.

Apalagi beberapa tahun terakhir sempat terjadi sejumlah serangan mematikan yang menewaskan ratusan orang. Beijing menuduh pelaku orang muslim, padahal Islam tidak pernah mengajarkan kekerasan. Bahkan melarang keras tindakan kekerasan.

Pihak berwenang di Xinjiang sebelumnya telah meningkatkan pengendalian terhadap praktik keagamaan yang diikut kelompok minoritas Uighur di tempat itu saat Ramadan.

Namun muncul kritik terkati masyarakat yang dilarang melakukan kegiatan keagamaan dan sejumlah tempat makan yang dipaksa untuk tetap buka demi menggoda mereka yang berpuasa.

”Selama bulan suci Ramadan ini, apakah membuka atau menutup restoran halal diserahkan sepenuhnya kepada para pemilik tanpa adanya gangguan,” demikian sebuah laporan pemerintahan Cina terkait kebebasan beragama di Xinjiang seperti dikutip Reuters. (antara/reuters)

Respon Anda?

komentar