Ciptakan Kamtibmas Tetap Kondusif Selama Ramadan, Polisi Siapkan Tiga Tim Patroli

814
Tim Engku Putri saat mengendarai motor patroli di alun-alun Engku Putri beberapa waktu lalu. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos
Tim Engku Putri saat mengendarai motor patroli di alun-alun Engku Putri beberapa waktu lalu. Foto: Dalil Harahap/ Batam Pos

batampos.co.id – Dalam rangka terciptanya situasi Kamtibmas yang kondusif di saat masyarakat menjalankan ibadah puasa, Polresta Barelang telah menyiapkan tiga tim yang akan melaksanakan patroli selama Ramadan.

“Pengamanan puasa ini merupakan kegiatan rutin setiap tahunnya. Cuma di tiap tahunnya akan ada peningkatan dari tahun sebelumnya,” ungkap Kepala Bagian Operasional (Kabagops) Polresta Barelang, Kompol Deden Nurhidayatullah, Jumat (3/6).

Adapun peningkatan yang dimaksud, kata Deden, nantinya tim dari Polresta Barelang akan melaksanakan patroli selama 24 jam penuh demi menciptakan suasana kondusif.

“Tim yang akan melaksanakan patroli nantinya terdiri dari Tim Engku Putri yang akan dilakukan oleh polwan dari pukul 06.00 WIB sampai 16.00 WIB, lalu dilanjutkan Tim Batara Biru untuk personil laki-laki yang dimulai pukul 16.00 WIB sampai pukul 22.00 WIB, dan dilanjutkan dengan Tim Remas Pukul 22.00 WIB hingga pagi,” jelasnya.

Lebih lanjut Deden menjelaskan sasaran pengamanan tiap timnya berbeda. Mulai dari tim Engku Putri akan melakukan pengamanan terhadap ibu-ibu yang berbelanja atau berjaga di pusat-pusat perbelanjaan.

Kemudian dilanjutkan dengan Batara biru yang melakukan pengamanan saat menjelang berbuka puasa atau ngabuburit dan pengamanan saat masyarakat menjalani tarawih.

“Kalau Batara biru itu mengamankan sepeda motor masyarakat yang menjalankan tarawih. Kalau untuk rumah warga yang ditinggalkan itu dijaga oleh polsek-polsek sekitar,” lanjutnya.

Setelah selesai Tim Batara Biru, kemudian ditutup oleh Tim Remas yang bertugas untuk mengamankan pada malam hari hingga selesai sahur.

“Kalau mau laksanakan sahur on the road diharuskan melapor ke polisi. Kalau tidak melapor, nantinya akan kita amankan,” lanjut Deden.

Selain melakukan pengamanan, Deden juga mengimbau kepada seluruh orangtua untuk lebih memperhatikan anak-anaknya selama Ramadan agar tidak terjadi sesuatu yang tidak diinginkan.

“Imbauan kepada seluruh orangtua wajib mengawasi anak-anaknya selama puasa, jangan ada lagi asmara subuh atau ngabuburit dengan trek-trekan,” pungkasnya. (egi)

Respon Anda?

komentar