Curah Hujan di Batam Diprediksi Tetap Tinggi Hingga Akhir Juni

457
Pesona Indonesia
Ilustrasi
Ilustrasi

batampos.co.id – Kepala Stasiun Meteorologi Hang Nadim Batam, Philip Mustamu mengatakan, hingga akhir Juni 2016 diperkirakan wilayah Kepri khususnya Kota Batam masih mengalami curah hujan yang cukup tinggi. “Di Batam tidak memiliki musim, tapi bisa dikatakan saat ini lagi banyak hujan,” ujar Philip.

Biasanya, lanjut Philip, curah hujan tinggi di Batam berlangsung dalam bulan Mei saja. “Sekarang diawal Juni baru dimulai tingginya intesitas hujan tersebut,” sebutnya.

Ia menjelaskan, hal ini dikarenakan penguapan tinggi dan uap air yang dibawa angin sangat banyak, sehingga membentuk awan konvektif (media pembentuk hujan) yang terjadi berulang-ulang. “Semakin banyak terjadinya awan konvektif itu, maka semakin deras hujan yang turun,” terangnya.

Selain itu, awan konvektif juga berpengaruh dalam durasi hujan yang turun. “Sekarang ini, durasi hujan turun bisa mencapai 5 hingga 7 jam dari hujan ringan hingga lebat,” sebutnya lagi.

Dengan keadaan cuaca yang demikian, Philip menganjurkan untuk masyarakat Batam bisa lebih waspada menghindari hal-hal buruk yang bisa terjadi. “Kontak listrik, kesehatan, menjadi perhatian utama saat keadaan hujan seperti ini, karena kedua hal itu sangat rentan dengan hujan,” pungkasnya. (cr15)

Respon Anda?

komentar