Funtasy Island Dilistriki PLN Batam

985
Pesona Indonesia
Pantai pasir putih di Funtasy Island. Foto: funtasyisland.com
Pantai pasir putih di Funtasy Island. Foto: funtasyisland.com

batampos.co.id – Pengembangan gugusan Pulau Manis menjadi kawasan pariwisata (Eco-Themepark) bernama Funtasy Island membawa berkah bagi PT Pelayanan Listrik negara (PLN) Batam. Kebutuhan listrik Funtasy Island dilayani oleh PLN Batam.

“Ya, listriknya dikelola oleh PLN Batam. Mengenai harga per kilo watt hour (kWh) tak bisa kami sebut. Yang penting harganya itu business to business,” kata Sekretaris PLN Batam, Agus Subekti, Kamis (3/6/2016).

Baca Juga: Tak Ada Pelanggaran, Funtasy Island Tetap Beroperasi

Agus mengatakan nilai investasinya lumayan besar karena terpisah jarak yang cukup jauh. Di Pulau Manis, PLN Batam membangun gardu induk listrik yang menggunakan tenaga gas.

“Sumber tenaganya adalah Compressed Natural Gas (CNG) dan dibawa oleh kapal dari Panaran,” tambah Agus.

Untuk proyeksi pengembangannya, Agus mengungkapkan PLN Batam tidak akan membangun jalur transmisi bawah laut karena pastinya akan memakan biaya yang sangat besar.”Nanti megawatt-nya besar, namun serapan disana kecil,” imbuhnya.

Maka, untuk proyeksi kedepan, kemungkinan besar sistem kelistrikan terpadu akan dipasang disana seperti yang dilakukan di resort Lagoi, Bintan.

Pulau Manis yang berada di kecamatan Belakangpadang kini menjadi salah satu destinasi wisata di Kepri. Berbagai fasilitas akan dibangun di pulau ini, di antaranya restoran bawah laut.

Peta baru jalur masuk ke Funtasy Island dari Singapura yang sebelumnya warna toska semua, kini sudah diubah jadi warna merah. Sumber: funtasyisland.com
Peta baru jalur masuk ke Funtasy Island dari Singapura yang sebelumnya warna toska semua, kini sudah diubah jadi warna merah. Sumber: funtasyisland.com

PT Batam Island Marina saat ini gencar melakukan pembangunan di Pulau Manis. Selain villa dan pusat perbelanjaan dan hiburan, perusahaan juga akan membangun restoran bawah laut.

Restoran ini akan menjadi proyek unggulan karena wisatawan dapat menikmati panorama bawah laut. Tidak hanya itu, PT Batam Island Marina juga akan membangun gedung khusus  tempat resepsi pernikahan tepat di tengah-tengah pulau. (ref/leo)

Baca Juga: Funtasy Island Kebanggaan Indonesia

Respon Anda?

komentar