Gaji ke-13, ke-14 dan Kesra Segera Dibayar, Pemkab Karimun Siapkan Rp 42 Miliar

2064
Pesona Indonesia
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:dok
Bupati Karimun Aunur Rafiq. foto:dok

batampos.co.id – Pemerintah Kabupaten Karimun telah menyiapkan anggaran yang cukup besar untuk membayar gaji ke-14 atau tunjangan hari raya (THR), gaji ke-13, dan kesejahteraan aparatur sipil negara (ASN) yang akan dibayarkan pada bulan ini dan bulan depan sebesar Rp 42 miliar.

”Memang kalau dilihat cukup besar dana yang kita siapkan untuk dikeluarkan dalam bulan ini dan bulan depan mencapai Rp 42 miliar. Hanya saja, perlu diingat bahwa dana yang disiapkan tersebut tidak seluruhnya berasal dari APBD kita. Tapi, lebih banyak dari dana alokasi umum (DAU) yang berasal APBN. Kecuali dana untuk membayar uang kesejahteraan untuk ASN memang dari APBD,” ujar Bupati Karimun, Aunur Rafiq, Kamis (2/6).

Rinciannya, kata Bupati, untuk membayar gaji ke-14 atau THR telah disiapkan anggaran sebesar Rp 8 miliar. Dana ini sumbernya dari APBN. Dan, sesuai dengan ketentuan untuk gaji ke-14 ini memang harus dibayarkan lebih dulu dibandingkan dengan gaji-13 atau bonus tahunan. Hanya saja, yang akan dibayarkan hanya gaji pokok saja.

”Paling lambat untuk pembayarannya pada Senin (20/6). Artinya, bisa saja dibayarkan sebelum tanggal tersebut. Kemudian, untuk pembayaran gaji ke-13 dilakukan setiap tahunnya pada Juli mendatang. Dan, lebih besar atau lebih banyak lagi biayanya yang dibutuhkan. Yakni, sebesar Rp
15 miliar. Sebab, selain membayar gaji pokok juga harus membayar tunjangan kemudian ditambah lagi dengan Rp 18 miliar untuk membayar gaji rutin di bulan depan plus dengan tunjangan serta untuk gaji tenaga honorer. Kemudian, ditambah lagi Rp 9 miliar untuk Kesra pegawai,” jelasnya.

Rafiq berharap, dengan akan dibayarkannya THR pada bulan ini dan juga pada bulan depan akan menerima bonus gaji ke-13, maka harus diikuti dengan peningkatan kinerja. Apalagi, jangan mencari alasan untuk mengurangi bobot pekerjaan selama bulan Ramadan. Karena, mengingat gaji ke-14 dibayar sebagai bentuk kepedulian negara kepada ASN untuk terus bekerja dengan baik. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar