Harga Messi Tertinggi, Kedua Neymar, Ketiga Ronaldo

1258
Pesona Indonesia
Lionel Messi, Neymar, Cristiano-Ronaldo. Foto: istimewa
Lionel Messi, Neymar, Cristiano-Ronaldo. Foto: istimewa

batampos.co.id – Tiga bintang top sepakbola dunia tak ada habisnya jadi perbincangan. Mereka adalah Leonel Messi, Neymar, dan Cristiano Ronaldo.

Saat masa istirahat kompetisi antar klub di negara-negara Eropa, beredar banyak isu penjualan tiga bintang itu. Kajian harga ketiganya pun menjadi perbincangan pengamat sepakbola hingga pecinta sepakbola yang aktif di jejaring sosial.

Lalu berapa harga tiga bintang tersebut? Dalam laporan yang dirilis CIES Football Observatory, tercatat Messi memiliki nilai jual alias transfer values sebesar 211,1 juta euro (sekitar Rp3,2 triliun).

Messi pun masih kokoh di urutan teratas daftar pesepak bola bernilai jual tertinggi di dunia. Pesaing terdekat Messi justru bukan Ronaldo. Menguntit di peringkat kedua adalah rekan setim Messi di Barcelona, Neymar.

Neymar memiliki transfer values hingga 201,5 juta euro (sekitar Rp3 triliun). Dengan usia yang terpaut lima tahun dengan Messi, penyerang berpaspor Brasil itu berpotensi merebut status pemain bernilai jual tertinggi dalam beberapa tahun ke depan.

Ronaldo sendiri hanya berada di urutan ketiga daftar pesepak bola dengan transfer values tertinggi. Namun, lebih menariknya karena nilai jual megabintang Real Madrid itu terpaut cukup jauh dari dua rival di atasnya.

Ronaldo tercatat hanya memiliki transfer values senilai 137,8 juta euro (sekitar Rp2 triliun).

Pemain yang menjadi pesaing terdekat Ronaldo justru striker Atletico Madrid asal Prancis, Antoine Griezmann dengan nilai jual 120,2 juta euro.

Di posisi 10-besar, ada tiga nama yang menjadi sorotan. Top skorer Premier League musim 2015-16 asal Tottenham Hotspur, Harry Kane, berada di posisi kelima dengan transfer values sebesar 112,5 juta euro.

Di belakang Kane ada penyerang Manchester United asal Prancis, Anthony Martial, dengan nilai 111,8 juta euro. Lalu, di rutan ke-8 ada penyerang Agentina yang memperkuat Juventus, Paulo Dybala, dengan nilai 104,5 juta euro.

Munculnya ketiga nama itu cukup menarik. Terlebih Martial dan Dybala yang baru mulai berkibar pada musim ini. Namun, mengingat usia mereka yang masih di bawah 23 tahun, perhitungan CIES Football Observatory cukup masuk akal.

Pasalnya, CIES Football Observatory menentukan nilai transfer seorang pesepak bola berdasarkan beberapa aspek, antara lain: posisi, masa kontrak, status internasional, pengalaman, performa, dan, usia.

Mungkin karena alasan usia pula Ronaldo, yang sudah berumur 30 tahun, hanya berada di urutan ketiga. Begitu pula Messi, yang nilai jualnya cenderung mengalami penurunan setelah menginjak usia 29 tahun.

Daftar 100-Besar Pemain dengan Transfer Values Tertinggi (Lihat Gambar):

(ira/JPG)

Respon Anda?

komentar