Nizar Prediksi APBD-P Lingga Selesai Juli

1599
Pesona Indonesia
Wakil Bupati Lingga M Nizar. foto:wijaya satria/batampos
Wakil Bupati Lingga M Nizar. foto:wijaya satria/batampos

batampos.co.id – Wakil Bupati Lingga M Nizar mengatakan, saat ini Pemkab Lingga telah melakukan revisi untuk APBD Perubahan yang direncanakan akan masuk ke meja DPRD pada (22/6) mendatang. Sehingga Nizar memprediksikan RAPBD selesai pada Juli tahun ini.

“Saat ini kami telah mempersiapkan pembahasan APBD-P. Semoga Juli, RAPBD 2016 selesai,” ujar Nizar ketika ditemui, Kamis (2/6) pagi.

Mempercepat pembahasan ini dimaksudkan Nizar supaya tidak berujung pada laporan keuangan yang terlambat seperti tahun sebelumnya. Namun Nizar juga memastikan keterlambatan laporan keuangan kepada BPK tahun lalu dikarenakan kehati-hatian yang dilakukan kepemimpinan Pemkab Lingga yang sekarang.

Menurutnya, laporan keuangan tahun lalu banyak terjadi kesalahan dan tidak sesuai dengan prosedur sebenarnya. Sehingga setelah dilakukan kroscek oleh Bupati Lingga maka diputuskan untuk melakukan bimtek terlebih dahulu kepada seluruh SKPD di Kabupaten Lingga.

“Akhirnya setelah mengikuti bimtek hasil laporan memuaskan dan sesuai dengan keinginan Bupati,” kata Nizar.

Selain target menginginkan mendapat predikat WTP, sambung Nizar, laporan keuangan pada 2015 lalu adalah laporan kegiatan kepemimpinan sebelumnya, sehingga bupati sekarang menginginkan ketelitian dan memastikan tidak ada masalah diwaktu mendatang.

Nizar menambahkan, selama ini SDM Aparatur Sipil Negara (ASN) di Kabupaten Lingga belum memahami secara baik terkait laporan keuangan yang benar. Sehingga setelah mengikuti bimtek, ASN lebih mengetahui pembuatan laporan yang sesuai aturan.

“Ini kami cek laporan keuangan asal bapak senang saja. Mana bisa seperti itu,” ujar Nizar.

Selain itu, keterlambatan laporan keuangan ke BPK juga dikarenakan pelantikan pasangan Awe-Nizar pada 17 Februari dan sertijab dilakukan pada 19 Februari. Sedangkan laporan harus sampai kepada BPK pada Maret. “Terlebih laporan itukan hasil kerja kepemimpinan yang sebelumnya, tentunya kami mesti kroscek dan perbaiki laporan tersebut,” kata Nizar.

Setelah dinilai baik oleh Bupati dan tim yang telah ditunjuk oleh Pemkab Lingga barulah laporan keuangan diserahkan ke BPK. (wsa/bpos)

Respon Anda?

komentar