Pemerintah Segera Terbitkan Peraturan Rasionalisasi PNS

1844
Pesona Indonesia
Ilustrasi PNS. foto:jpnn
Ilustrasi PNS. foto:jpnn

batampos.co.id – Pemerintah kini tengah menyiapkan Peraturan MenPAN-RB tentang pelaksanaan rasionalisasi PNS. Artinyai, bagi PNS yang tidak memenuhi kualifikasi siap-siap saja bakal masuk kotak rasionalisasi.

Jubir Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB), Herman Suryatman, mengungkapkan‎ percepatan penataan PNS adalah kelanjutan dari inventarisasi kembali PNS melalui PU-PNS. Di samping analisis jabatan dan beban kerja yang diinput melalui e-formasi pada 2015.

“Percepatan penataan PNS itu saat ini dalam pengkajian. Nantinya akan dituangkan dalam Peraturan MenPAN-RB,” papar Herman yang juga karo Hukum Komunikasi Informasi Publik (HKIP) di Jakarta, Jumat (3/6).

Menurutnya, pelaksanaannya akan diawali sosialisasi dan pembentukan tim percepatan penataan PNS di tiap-tiap instansi pemerintah. Kemudian dilanjutkan audit organisasi dan pemetaan PNS masing-masing instansi pada 2016.

‎ Herman menambahkan pelaksanaan rasionalisasi PNS direncanakan mulai pada 2017. Diperkirakan ada sekitar 300 ribu PNS yang masuk dalam program ini. Pelaksanaannya akan dilakukan secara cermat, gradual dan hati-hati sampai 2019. Kemudian berlanjut hingga 2024.

“Secara simultan rasionalisasi PNS menjadi 3,5 juta, akan disinergikan dengan PNS yang pensiun sampai dengan 2019 sekitar 500 ribu yang merupakan basis untuk merekrut ASN baru yang berkualitas,” ucapnya. (jpnn)

Respon Anda?

komentar