Pencairan ADD dan Dana Desa Hanya Dua Tahap, 57 Desa Cairkan ADD

3769
Pesona Indonesia
ilustrasi dana desa Foto: istimewa
ilustrasi dana desa Foto: istimewa

batampos.co.id – Sebanyak 57 dari 82 Desa se Kabupaten Lingga sedang dalam proses pencairan Anggaran Dana Desa (ADD) tahap I Tahun anggaran 2016. Hal tersebut disampaikan Kepala Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Pemerintahan Desa (BPMPD) Kabupaten Lingga, Said Rudipalo, Rabu (1/6) lalu.

“Proses verifikasi Perdes di BPMPD sudah dilewati oleh 57 desa. Hanya tinggal tahapan selanjutnya di Dinas Pendapatan Pengelolaan Keuangan dan Aset Daerah (DPPKAD) Lingga,” ungkapnya.

Sejak Rabu (1/6) kemarin, sejumlah desa dikatakan Rudi telah melakukan pencairan dan menerima ADD.

“Beberapa desa sepertinya sudah mencairkan, namun terjadi sedikit perubahan pada jumlah anggaran awal, karena adanya kebijakan efesiensi APBD,” ungkapnya.

Sementara untuk Dana Desa (DD) yang bersumber dari anggaran APBN, lanjutnya, juga akan segera diterima oleh masing-masing desa yang telah menyelesaikan proses administrasinya.

“Perbub untuk DD sudah sampai di bagian Hukum Sekretariat Daerah (Setda) Pemkab Lingga. Pihak Desa bisa saja mencairkannya sekaligus dengan ADD,” tutur Rudipalo.

Pencairan dana desa ADD dan DD, terang Rudipalo, tahun ini hanya akan dilakukan dua tahap. Berbeda dari tahun lalu pencairan DD dicairkan dalam tiga tahap.

Dia juga mengimbau, bagi desa-desa yang belum menyelesaikan Perdes sebagai syarat utama pencairan dana desa, untuk dapat segera menyelesaikannya. Hal ini agar proses pembangunan desa tahun 2016 dapat segera berjalan.

Sementara itu, bagi yang sudah mencairkan, dia juga mengharapkan agar tidak menunda-nunda pelaksanaan kegiatan pembangunan. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar