Rayakan Usia ke-90 Tahun, Ratu Elizabeth II Jamu Diplomat Indonesia

358
Pesona Indonesia
Ratu Elizabeth II. Foto: yahoo.com
Ratu Elizabeth II. Foto: yahoo.com

batampos.co.id – Hari ulang tahun ke-90 Ratu Inggris Elizabeth II memang jatuh pada 21 April. Namun, perayaannya tidak selesai begitu saja. Kedutaan Besar (Kedubes) Inggris Raya di Jakarta mengadakan jamuan untuk merayakan momen tersebut pada Rabu (1/6/2016). Jajaran diplomat dan tokoh-tokoh penting Indonesia hadir dan mendoakan nenek Pangeran Harry tersebut.

Beberapa tokoh kedubes negara lain juga tampak hadir. Dubes Inggris Raya untuk Indonesia Moazzam Malik bersama istri, Rachel Malik, yang menjadi tuan rumah, menyambut tamu di pintu masuk. Mereka ditemani Atase Militer Inggris Raya Kolonel Adrian serta Direktur Pengembangan dan Pelatihan British Council Michael Little.

Wajah-wajah familiar pun memasuki pintu masuk ballroom sejak pukul 19.00. Presiden ke-3 RI B.J. Habibie menyempatkan datang sebagai tetangga Kedubes Inggris meski harus pulang sebelum perayaan dimulai.

Sebagian menteri Kabinet Kerja Jokowi pun muncul. Antara lain, Menko Bidang Kemaritiman Rizal Ramli, Menteri Pariwisata Arief Yahya, dan Menteri Perhubungan Ignasius Jonan.

Saat perayaan dimulai, mata para tamu langsung tertuju pada barisan enam orang welsh guard (salah satu faksi tentara Kerajaan Inggris). Mereka memasuki ruangan dengan iringan musik dari tiga instrumen sederhana, snare drum, bass drum, dan fife (alat tiup khas Eropa).

”Hari ini kita semua merayakan ulang tahun sosok pemimpin yang sangat menginspirasi, Ratu Elizabeth II. Namun, kami juga ingin merayakan kerja sama dengan Indonesia yang menguat dalam satu tahun ini,” kata Malik dalam pidato sambutannya.

Kunjungan PM Inggris David Cameron ke Indonesia dan kunjungan Jokowi ke London bulan lalu dinilai membuat hubungan dua negara semakin kuat.

Dia mencontohkan kesepakatan bisnis senilai USD 19 miliar yang dibawa Jokowi setelah mengunjungi London. ”Dalam waktu setahun ini, sudah ada tujuh MoU yang ditandatangani dari berbagai aspek. Mulai kerja sama luar angkasa hingga maritim,” terangnya.

Sementara itu, Rizal Ramli yang datang mewakili Jokowi ikut mengucapkan selamat ulang tahun dalam acara tersebut. Menurut dia, momentum itu harus dimanfaatkan untuk semakin mempererat hubungan Indonesia-Inggris ke depan. ”Kami harap kerja sama Indonesia dengan Inggris terus bertambah. Mulai kemaritiman sampai pendidikan,’’ katanya. (bil/c7/any./jpg)

Respon Anda?

komentar