Ruang Inap Diresmikan, Puskesmas Diminta Utamakan Pelayanan ke Masyarakat

512
Pesona Indonesia
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos
Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal. Foto: Immanuel Sebayang/ Batam Pos

batampos.co.id – Kepala Dinas Kesehatan Kota Batam, Chandra Rizal didampingi Kepala Puskesmas dan Camat Sekupang meresmikan ruang inap Puskesmas Sekupang, Kamis (2/6). Ruangan lantai dua itu dilengkapi dengan ruangan bersalin dan ruangan gawat darurat.

“Lantai satu dua tempat tidur, satu ruangan bersalin, sedangkan lantai dua ada empat kamar dilengkapi dengan peralatan yang lengkap,” kata Chandra setelah peresmian.

Saat ini sebanyak 16 Puskesmas sudah memiliki ruang rawat inap. “Tinggal yang di Tibanbaru saja lagi, kita sudah ajukan semoga tahun depan sudah berdiri,” harapnya.

Pembangunan ruang inap Puskesmas Sekupang ini, lanjutnya masuk dalam anggaran Pendapatan Belanja Daerah (APBD) tahun 2015. “Jumlah pastinya saya lupa, tapi besar anggaran tiap puskesmas sekitar 600 hingga 800 juta,” jelasnya.

Dia berharap dengan adanya ruang inap ini bisa menangani pasien untuk memperoleh fasilitas. “Biasanya rumah sakit sering menumpuk pasiennya, nah sesuai dengan keinginan pimpinan setiap puskesmas harus dilengkapi ruang inap untuk memberikan pelayanan yang lebih baik kepada masyarakat banyak,” katanya.

Selain itu pria yang juga berprofesi sebagai dokter gigi ini, juga menyoroti pelayanan di puskesmas yang akhir-akhir ini menjadi perbincangan. “Kemarin ada yang telpon katanya buka cuma setengah hari,”

Lanjutnya, tidak ada puskesmas yang buka setengah hari, itu hanya salah komunikasi saja,” kilahnya.

Dia berjanji akan menegur pegawai yang tidak ramah atau melayani pasien dengan setengah hati, apalagi saat ini semua puskesmas sudah beroperasi selama 24 jam. “Saya butuh masukan, jika ada yang tidak bagus akan segera diperbaiki,” ucapnya.

Sementara itu Kepala Puskesmas Sekupang, Anna Hashina mengungkapkan dengan diresmikannya ruang inap ini bisa melayani pasien lebih baik lagi. Diakuinya saat ini masih kekurangan tenaga dokter maupun perawat. Saat ini Puskesmas Sekupang memiliki 56 tenaga termasuk yang honorer. Kita masih butuh tiga orang dokter, empat bidan, dan 5 perawat. Kita sudah ajukan,” jelas wanita berkacamata ini.

Camat Sekupang, Zurniati yang turut hadir dalam peresmian itu menilai ruang inap sudah memiliki standar yang bagus. Ia berpesan kepada petugas puskesmas untuk meningkatkan pelayanan kepada masyarakat. “Layani pasien jangan lupa senyum,” sebut Zurniati.

Semoga masyarakat yang berada di wilayah Sekupang dapat memanfaatkan fasilitas ini dengan baik. “Ya, untuk pelayanan kita pasti senang dengan sudah beroperasinya ruang rawat inap ini,” tutupnya. (cr17)

Respon Anda?

komentar