Awas! Penipuan Atas Nama Google Award 2016

1238
Pesona Indonesia

 

Contoh penipuan yang mengatasnamakan Google Awards.
Contoh penipuan dengan mengatasnamakan Google Awards.

batampos.co.id – Penipuan dengan menggunakan media internet semakin marak terjadi. Jika Anda menerima e-mail yang mengatasnamakan Google dan mengirimkan ucapan selamat karena mendapatkan Google Awards 2016, maka jangan langsung percaya.

Sebaiknya, Anda krosek terlebih dahulu kebenarannya. Sebab, modus penipuan atas nama Google sudah berulangkali terjadi.

Para penipu sering menggunakan nama-nama perusahaan dan organisasi yang memiliki citra publik yang positif untuk melakukan penipuan. Mereka mengklaim dari Google, sebuah perusahaan mesin pencari terbesar di dunia

Sejumlah orang dan perusahaan telah membuat testimoni soal penipuan yang mengatasnamakan Google. Salah satunya adalah Graham Cluley, pensiunan industri anti-virus terkemuka di dunia.

Dia juga merupakan analis keamanan independen yang secara teratur membuat penampilan media dan memberikan presentasi pada topik keamanan komputer dan privasi online.

Seperti dikutip dari laman grahamcluley.com, dia mengatakan bahwa pada Desember 2015 dia mendapatkan email yang mengatasnamakan Larry Page, salah satu pendiri dari mesin pencari internet Google.

“Singkatnya, email itu mengatakan bahwa saya telah terpilih sebagai pemenang hadiah £ 950.000. Menurut email, Google percaya bahwa saya akan terus aktif dan menggurui mesin pencari Google,” ujar Graham Cluley.

“Yang harus saya lakukan adalah berhubungan dengan Patricia Harman, Koordinator Pembayaran Google, yang begitu loyal kepada merek bahwa dia menggunakan alamat Gmail,” imbuhnya.

“Penipu itu meminta saya berbagi beberapa informasi pribadi, seperti nama, alamat, nomor telepon, usia, status perkawinan, sehingga saya merasa menang lotre,” lanjutnya.

“Bahkan, mereka juga ingin tahu apakah aku akan pergi ke kantor Google untuk mengambil uang tunai, atau menggunakan kurir untuk mengantarkan hadiah itu ke alamat saya. Ini semua terdengar luar biasa. Namun, semuanya ternyata hanya tipuan belaka,” lanjutnya.

Dia mengingatkan kepada siapa pun yang pernah menerima email yang mengatasnamakan Google, harus lebih berhati-hati karena bisa jadi itu modus penipuan.

“Mereka akan mencoba menipu Anda agar percaya bahwa Anda telah memenangkan hadiah uang tunai besar, dan akan melakukan segala sesuatu yang mereka bisa untuk memperingatkan Anda untuk tidak berbicara dengan siapa pun tentang hal itu,” tandas Graham Cluley. (PS)

Respon Anda?

komentar