Izin Berlayar Tertahan, Pasokan Gas PLTMG Tokojo Terputus

936
Pesona Indonesia
Tabung penyimpan gas
Tabung penyimpan gas

batampos.co.id – Pasokan gas untuk Pembangkit Listrik Tenaga Mesin Gas (PLTMG) Tokojo, Kijang dan PLTMG Dompak terputus.

Dampaknya, listrik di Ibu Kota Provinsi Kepri, Tanjungpinang dan Bintan padam bergilir.

Apa pasal pasokan terputus? Izin berlayar belum dari Kantor Pelabuhan (Kanpel) Batam.

Compressed Natural Gas (CNG) memang dikirimkan dari Batam ke Bintan.

“Ya memang, kami sudah menerima surat pemberitahuan dari PLN Area Tanjungpinang terkait terputusannya CNG untuk PLTMG Tokojo, Kijang dan PLTMG Dompak,” ujar Sekretaris Dinas Pertambangan dan Energi (Distamben) Kepri, Muhammad Darwin.

Ditegaskannya, menyikapi hal ini, pihaknya akan duduk bersama dengan PLN Tanjungpinang dan Kanpel Batam. Menurutnya, ketersediaan gas merupakan sesuatu yang sangat urgens. Apalagi saat ini, PLTMG juga menjadi penyuplai daya terbesar.  Tokojo, ada 9 mega watt dan di Dompak ada 3 MW.

“Artinya, kalau pasokan CNG terputus, otomatis akan menggangu sistem kelistrikan di Pulau Bintan. Dampaknya adalah pemadaman bergilir. Apalagi interkoneksi masih belum rampung,” jelasnya.

Kepala Divisi Pengembangan Usaha PLN Batam, Antonius ketika dikonformasi terkait hal ini, mengatakan pihaknya sudah berkoordinasi dengan Kanpel Batam. Menurutnya, akan ada kebijaksaan dari Kanpel terkait persoalan ini.

“Tapi kami belum dapat laporan resmi, apakah sifatnya sementara, atau per tiga bulan. Kami juga mohon maaf, karena terjadinya pemadaman bergilir di Pulau Bintan, karena terputusnya pasokan gas sejak Kamis (2/6) lalu,” ujar Antonius. (jpg)

Respon Anda?

komentar