Kebakaran, Seluruh Isi Ruangan Kepala Sekolah Habis Terbakar

926
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: dok JPNN
Ilustrasi. Foto: dok JPNN

batampos.co.id – Kantor Kepala Sekolah Dasar Negeri 04 Bukit Tambun yang ada di Gudang Tengan Desa Tarempa Selatan yang gabung dengan ruang Tata Usaha hangus terbakar pada Jumat Sekitar pukul 04.30 pagi. Meski kejadian ini tidak memakan korban jiwa maupun luka-luka namun kejadian ini cukup membuat Dinas Pendidikan kerepotan karena seluruh isi ruangan mulai dari laptop, komputer, printer dan asrsip yang ada di dalamnya habis dilalap sijago merah.

“Kita sudah inventarisasi apa saja yang habis terbakar, yang jelas ada laptop, perangkat komputer beserta printer dan file yang ada di ruangan itu habis semua termasuk meja dan kursi,” ungkap Kepala Dinas Pendidikan Kabupaten Kepulauan Anambas Heriyanto, kepada wartawan Jumat (3/6) siang.

Karena ruangan terbuat dari tembok, kantor kepala sekolah itu kelihatan utuh jika dilihat dari luar. Namun sejatinya isi ruangan sudah habis terbakar. Hanya tampak sedikit hangus pada bagian plafon di luar ruangan dan ada satu jendela samping yang tampak pecah kacanya. Sementara itu plafon didalam ruangan juga sudah habis terbakar. Yang ada hanya rangka plafon yang terbuat dari baja ringan.

Kepala Desa Tarempa Selatan Sutisna, yang tinggal di sebelah sekolah itu mengatakan, kejadian ini pun cukup membuat heboh para warga sekitar. Rarga berupaya memadamkan api dengan alat seadanya baik dengan ember maupun alat apa saja yang bisa digunakan. Karena api sudah agak kecil api cepat dipadamkan sekitar pukul 06.00 WIB.

Lanjutnya, dia mengetahui kejadian ini dari Ishak yang merupakan penjaga sekolah. “Kata Pak Ishak, pas dia buka pintu kantor, langsung disambut uap panas dari dalam ruangan, api juga masih nyala di bagian belakang kantor, jadi langsung laporan kepada saya dan warga sekitar. Setelah mendapatkan laporan itu, warga langsung padamkan api secara bersama-sama,” ungkapnya kepada wartawan.

Karena sudah sedikit terlambat, maka tidak ada barang yang diselamatkan. Hanya ada satu ruangan bagian depan saja yang tak terbakar. Namun pintunya sudah tampak hitam dan nyaris terbakar.

Belum diketahui apa yang menjadi penyebab kebakaran ini namun warga dan dirinya sendiri mengira kalau api disebabkan karena hubungan arus pendek. “Didalam ruangan tidak ada yang menyalakan lilin, mungkin dari listrik konslet,” ungkapnya.

Sementara itu Polsek Siantan Kapolsek Siantan AKP Anjar Yogota Widodo, melalui Kanit Reskrim, Brigadir Anwar Bakara, membenarkan adanya kejadian kebakaran di SD 04 Bukit Tambun, Desa Tarempa Selatan. Anwar, mengatakan, saat ini pihaknya masih mendalami penyebab kebakaran dengan meminta keterangan dari penjaga sekolah.

Meski demikian, pihaknya belum bisa memastikan api berasal dari mana. Namun dugaan sementara, api berasal dari hubungan arus pendek listrik yang berada didalam ruangan TU tersebut. “Masih dalam penyelidikan dan belum bisa kita simpulkan berapa kerugiannya. Begitu juga sumber api. Besok kita akan panggil Kepala Sekolah untuk dimintai keterangan,” kata Anwar Bakara kepada awak media, Jumat (3/6). (sya/bpos)

Respon Anda?

komentar