Kemenag Kepri Gelar Sidang Isbat Besok

677
Pesona Indonesia
Tropong untuk menentukan awa puasa dan lebaran tahun 2016 ini. Foto: istimewa
Tropong untuk menentukan awa puasa dan lebaran tahun 2016 ini. Foto: istimewa

batampos.co.id – Kementerian Agama Provinsi Kepulauan Riau, Kota Tanjungpinang, dan Kabupaten Bintan bakal menggelar sidang isbat untuk menentukan 1 Ramadan 1437 Hijriah, Minggu (5/6) besok. Kepala Kantor Kemenag Provinsi Kepri, Marwin Jamal mengutarakan, untuk wilayah Pulau Bintan sidang isbat bakal dilangsungkan di Masjid Al-Falah yang berada di dataran tertinggi di Kota Tanjungpinang.

“Sidang tersebut akan beragendakan mendengar pemaparan para pakar ilmu astronomi, Badan Hisab dan Rukyat Kemenag, serta mengundang ormas berbasis Islam untuk menentukan awal puasa,” kata Marwin, ditemui di kantornya, Jumat (3/6).

Para peserta sidang isbat, sambung Marwin, nantinya akan mendengar laporan dari para petugas yang akan disebar di sejumlah titik Indonesia untuk mengamati munculnya bulan baru.

Marwin menambahkan, jika bulan baru atau hilal bisa terlihat pada Minggu, 5 Juni 2016, bisa dipastikan puasa akan dilaksanakan pada Senin, 6 Juni 2016.

“Tapi kalau tidak ada satupun yang melihat hilal, itu artinya kita menggenapkan Syaban menjadi 30 hari, artinya puasanya baru lusa (tanggal 7 Juni),” lanjutnya.

Marwin enggan berspekulasi terkait kapan bulan baru akan terlihat. Dia menegaskan, penetapan 1 Ramadhan baru bisa diputuskan setelah ada hasil dari sidang isbat.

“Kita harus menunggu pada 5 Juni sore hari posisi hilal itu ada dimana, apakah dimungkinan untuk dirukyat atau tidak,” pungkasnya. (aya/bpos)

Respon Anda?

komentar