Fallujah, Surga Kecil di Irak yang Kini Jadi Neraka

1554
Pesona Indonesia
Fallujah, kota kecil yang indah di Irak yang kini jadi neraka bagi pendudukanya. Lepas dari tangan Amerika, jatuh ke ISIS. Foto: istimewah
Fallujah, kota kecil yang indah di Irak yang kini jadi neraka bagi pendudukanya. Lepas dari tangan Amerika, jatuh ke ISIS. Foto: istimewah

batampos.co.id – Marhaban ya Ramadan. Ya, umat Islam di seluruh dunia akan menjalankan ibadah puasa, 1 Ramadhan, 6 Juni 2016.

Fallujah, kota indah yang dijuluki The City of Mosques karena memiliki lebih dari 200 masjid, sebelum perang pecah di kota itu, selalu menyambut Ramadan dengan penuh kebahagiaan. Masjid-masjid itu selalu penuh jamaah salat tarawih. Ayat-ayat suci Alquran juga selalu terdengar dari masjid ke masjid.

Namun surga kecil di kota industri di Irak itu telah sirna. Penduduknya yang mayoritas Sunni itu kini bak hidup di neraka.

Semua berubah sejak Perang Irak mencuat pada 2003. Fallujah adalah salah satu kota yang menjadi medan pertempuran besar-besaran antara pasukan AS dan mantan Presiden Irak Saddam Hussain.

Sejak Januari 2014 hingga kini, ISIS mengambil alih Fallujah. Selama dikuasai ISIS, Fallujah menjadi kota hantu. Penduduk tidak berani keluar untuk menghindari kebrutalan ISIS.

“ISIS aktif mencari orang-orang yang mengirimkan laporan apa pun keluar dan akan membunuh mereka,” ujar analis kebijakan luar negeri dan mantan anggota militer AS Letkol Daniel Davis.

Kadang kala anggota ISIS menyaru berpakaian seperti militer Irak untuk mengecoh penduduk. Warga yang tertipu mencoba mencari pertolongan kepada pasukan militer Irak palsu itu dan berakhir dengan dibunuh.

Salat Jumat selalu diwarnai dengan eksekusi mati. Entah itu dalam bentuk pemenggalan, diledakkan, dibakar, dimasukkan ke kandang bersama binatang buas, dan lainnya. (AFP/FoxNews/Rudaw/IBI Times/sha/c4/any/flo/jpnn)

Respon Anda?

komentar