Jamaah Naqsabandiyah Puasa Hari Ini

952
Pesona Indonesia

jamaah_Naqsabandiyah_Al_Kholidiyah_d_RPbatampos.co.id – Jamaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah menetapkan 1 Ramadhan 1437 H pada hari Minggu (5/6) hari ini.

Karenanya, mereka mulai melaksanakan salat Tariwih, Sabtu (4/6) malam.

“Kami mulai menggelar tarawih malam ini (malam tadi, red), karena besok mulai berpuasa,” tutur Syekh Muda Muhammad Nur Zikri, tokoh di kalangan jamaah Naqsabandiyah Al Kholidiyah, kemarin sore.

Dia menjelaskan tarawih digelar masing-masing majelis tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di seluruh Indonesia. Salah satu lokasi tarawih di rumah suluk tarekat Naqsabandiyah Al Kholidiyah di Jalan Kongsi Gang Leman Harahap, Mariendal, Kabupaten Deli Serdang, Sumut.

“Jamaah kami tersebar di seluruh Indonesia, ada di provinsi lain, tidak hanya di provonsi Sumatera Utara,” sebut Muhammad Nur Zikri.

Penetapan 1 Ramadhan oleh tarekat Naqsabandiyah Kholidiyah disebut tetap mengacu pada Al-quran dan Hadits. Penghitungan didasarkan pada kalender hisab qamariah. Karenanya, jamaah tarekat ini sudah mengetahui Idul Fitri 1437 H akan jatuh pada 5 Juli 2016 mendatang.

“Kami sudah tahu dari kalendernya untuk kapan 1 Ramadhan dan kapan 1 Idul Fitri semua sudah jelas,” katanya.

Kementerian Agama sendiri baru akan melakukan sidang istbat (penetapan) awal bulan Ramadan 1437H/2016M pada Minggu, 5 Juni 2016.  (gus/rpg)

Respon Anda?

komentar