Ratusan Taekwondoin Citramas Ujian Kenaikan Tingkat

2191
Pesona Indonesia
Para taekwondoin Citramas saat ujian kenaikan tingkat, Minggu (5/6). Foto: Rifki Setiawan Lubis/ Batam Pos
Para taekwondoin Citramas saat ujian kenaikan tingkat, Minggu (5/6). Foto: Rifki Setiawan Lubis/ Batam Pos

batampos.co.id – Sebanyak 210 Taekwondoin Citramas mengikuti ujian kenaikan tingkat. Ujian yang dilaksanakan di Gor Citramas, Nongsa ini dimulai pukul 08.00 WIB hingga 15.00 WIB.

Master Siauw Lung Wu didampingi Sabeum Soewito Trikusuman, Sabeum Noriven, Sabeum Nim Sintje dan Sabeum Hianwi memberikan arahan dan bimbingan kepada ratusan Taekwondoin yang sedang mengikuti ujian kenaikan tingkat.

Ujian Kenaikan Tingkat ini merupakan agenda rutin yang dilakukan setiap 4 bulan sekali oleh pengurus dojang Citramas. Ujian ini dilakukan untuk mengukur kemampuan para Taekwondoin sehingga berhak untuk naik ke tingkatan sabuk selanjutnya.

“Para Taekwondoin harus mengikuti tahap demi tahap materi ujian diantaranya fisik, jase atau gerakan dasar, poomsae atau jurus kyorugie atau perkelahian, kyupak atau pemecahan benda dan hosinsul atau beladiri praktis disini akan terlihat apakah mereka sudah siap atau belum untuk naik ke jenjang berikutnya,” ujar pemegang sabuk hitam Dan VII Internasional Kukkiwon itu.

Ditambahkan Siauw Lung bahwa orang yang terlatih dengan taekwondo akan menjadi pribadi yang percaya diri, tidak hanya dalam segi fisik tetapi juga dalam disiplin mentalnya. Sebab taekwondo kata Siauw Lung bukan hanya sekedar belajar jurus dan tendangan saja tetapi juga mengajarkan para Taekwondoin menjadi manusia yang rendah hati, simpati dan empati pada orang lain serta punya mental yang kuat dan dapat menahan emosi.

“Dari atlet yang kami bina kami tidak berharap muluk-muluk. Yang penting bagi kami bahwa mereka yang kami latih di sini bisa menjadi pribadi yang rajin, disiplin dan tangguh. Buat apa juga kalau juara di tingkat nasional dan internasional tetapi sombong dan tidak memiliki sopan santun,” kata perempuan yang pernah meraih medali perak di Olimpiade Barcelona tahun 1992 silam.

Namun ketika disinggung mengenai keberhasilan anak asuhnya, Master Siauw Lung mengatakan, sangat puas dan bangga dengan torehan-torehan prestasi yang diraih oleh anak asuhnya selama ini baik di tingkat nasional mau pun internasional. Hal ini membuktikan bahwa anak-anak didiknya benar-benar serius dalam menjalankan instruksi latihan yang diadakan selama ini.

“Kami puas dengan prestasi yang selama ini diraih oleh anak didik kami, meskipun selama ini sepenuhnya kami hanya didukung dari klub. Tapi dengan prestasi yang kami raih kami bisa membuat bangga warga Batam dan Kepri,” ujar Siauw Lung Wu.

Pihaknya mengaku banyak berterimakasih pada Chris Wiluan selaku Pembina Citramas Sport Club, yang sudah banyak mendukung para atlet.

“Jika tak ada aral merintang, akhir Juli kami akan melakukan ujian kenaikan tingkat gelombang II,” ujarnya. (leo)

Respon Anda?

komentar