Gubernur Kepri Tinjau Kesiapan Pelabuhan Domestik dan Antarpulau

1561
Pesona Indonesia
Gubernur Kepri Nurdin Basirun meninjau kesiapan pelabuhan domestik dan antarpulau di Karimun. foto: tri haryono/batampos
Gubernur Kepri Nurdin Basirun meninjau kesiapan pelabuhan domestik dan antarpulau di Karimun. foto: tri haryono/batampos

batampos.co.id – Gubernur Kepulauan Riau, Nurdin Basirun melakukan peninjauan di pelabuhan domestik dan antar pulau sekitar pukul 08.00 WIB, Minggu (5/6). Kondisi pelabuhan domestik di ruang tunggu yang sedang direnovasi oleh PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun, sehingga calon penumpang yang akan berangkat sedikit terganggu. Mengingat, ruang tunggu sementara tidak mencukupi bagi calon penumpang dan berdesak-desakan.

”Kep, jangan bawa penumpang berlebihan ya. Saat ini cuaca tidak bersahabat, bagi penumpang jangan lupa berdoa dulu. Selamat sampai ditujuan dan selamat menunaikan ibadah puasa bagi yang beragama Islam,” pesan Nurdin Basirun kepada nakhoda kapal tujuan Buton dan para penumpang saat meninjau ke dalam kapal.

Kemudian dilanjutkan, dengan pemantauan keberangkatan melalui pintu international bagi penumpang domestik. Ia, berkali-kali memberikan instruksi kepada para petugas di lapangan agar mengatur penumpang yang datang dan berangkat. Supaya tidak semrawut di ruang tunggu sementara, karena calon penumpang yang akan berangkat cukup ramai dan padat. Apalagi calon penumpang banyak yang membawa anak-anak dan orangtua.

”Pak tolong dibuka saja pintu darurat itu ya. Biar lapang, jangan hanya diprioritaskan para pejabat-pejabat untuk lewat. Berikan pelayanan kepada masyarakat saat akan berangkat maupun tiba. Mohon maaf inilah cara kerja saya, di setiap kabupaten/kota,” perintah Nurdin kepada salah seorang anggota Satpol PP yang sedang bertugas.

Dirinya, juga mengucapkan terimakasih kepada para petugas. Dan ia meminta agar dilakukan penambahan petugas disaat bulan puasa ini, maupun menjelang lebaran nanti. ” Intinya, bagaimana kita berikan kenyamanan bagi calon penumpang yang akan berangkat,” ucapnya.

Usai melakukan peninjauan di pelabuhan domestik Tanjungbalai Karimun, Nurdin Basirun melanjutkan perjalannya meninjau pelabuhan antar pulau atau pelabuhan Tanjung Gelam. Begitu memasuki pelabuhan tersebut, ia kaget melihat begitu padatnya kendaraan yang parkir sehingga sudah tidak cukup lagi untuk parkir.

”Tidak menyangka, padahal dulu saya kira cukup. Tapi, tidak cukup untuk parkir dan penumpangnya tidak kalah dengan penumpang domestik Tanjungbalai Karimun,” paparnya kepada sejumlah awak media.

Pantauan dilapangan, baik di pelabuhan domestik maupun pelabuhan antar pulau sama-sama ramai calon penumpang yang akan berangkat maupun yang tiba. Sementara, renovasi yang dilakukan oleh PT Pelindo I Cabang Tanjungbalai Karimun diprediksi 2 pekan kedepan selesai dikerjakan. Begitu juga, di pelabuhan Tanjung Gelam pihak BUP juga melakukan renovasi pelabuhan seperti pengecatan maupun perbaikan ponton kedatangan.(tri/bpos)

Respon Anda?

komentar