Harga Daging Sapi dan Ayam Stabil di Karimun

543
Pesona Indonesia
Warga sedang membeli daging sapi segar di Pasar Puan Maimun Karimun. foto:sandi/batampos
Warga sedang membeli daging sapi segar di Pasar Puan Maimun Karimun. foto:sandi/batampos

batampos.co.id – Sehari menjelang masuknya bulan suci Ramadan, memang untuk beberapa harga kebutuhan pokok mengalami kenaikan. Namun, tidak demikian untuk harga daging sapi segar dan ayam potong yang dijual di pasar pagi Puan Maimun Tanjungbalai Karimun belum ada kenaikan.

”Harga daging sapi segar memang belum ada kenaikan dan masih tetap Rp140 ribu per kilogram seperti harga pada saat puasa tahun lalu. Lagi pula, memang kalau menjelang puasa harga daging jarang ada kenaikan. Memang, kita akui kalau permintaan untuk daging segar pada saat menjelang puasa sedikit lebih banyak dibandingkan hari-hari biasa,” ujar Ujang, pedagang daging sapi segar di Pasar Puan Maimun, kemarin (5/6).

Berdasarkan pegalaman yang lalu, katanya, memang menjelang puasa itu permintaan mengalami peningkatan. Untuk itu, tiga hari lalu sudah mulai melakukan pemotongan. Karena, biasanya dalam satu hari bisa terjual satu ekor sapi, termasuk tulang-tulangnya. Untuk sapinya sendiri didatangkan dari Pulau Sumatera dan Pulau Jawa. Sehingga, jika harga lebih tinggi dibandingkan di Jawa masih wajar, sebab untuk membawanya sampai ke Karimun memerlukan biaya.

Sementara itu, pantauan Batam Pos di Pasar Puan Maimun, untuk harga ayam potong masih sama seperti bulan lalu. Yakni, Rp 33 ribu per kilogram. Sedangkan, untuk ayam kampung memang masih tinggi, yakni Rp 60 ribu per kilogram. Kondisi pasar sendiri cukup ramai sejak pagi hari. Hal ini disebabkan masyarakat ingin membeli kebutuhan pangan untuk mempersiapkan menyambut Ramadan 1437 H. (san/bpos)

Respon Anda?

komentar