Deshauna Barber, Komandan Militer Jadi Miss USA

568
Pesona Indonesia
Deshauna Barber, Miss USA. Foto: dok. The Miss Universe Organization
Deshauna Barber, Miss USA. Foto: dok. The Miss Universe Organization

batampos.co.id – Tiara Miss USA yang melingkar di kepala Deshauna Barber Minggu (5/6/2016) tidak hanya membuat bangga District of Columbia, tapi juga militer Negeri Paman Sam.

Sebab, perempuan 26 tahun yang menjadi miss USA itu bukan perempuan biasa, dia menjabat komandan logistik militer. Dia juga berkarir sebagai analis teknologi informasi (TI) di Departemen Perdagangan.

”Menjadi bagian dari militer telah mengajari saya bahwa menjadi cantik adalah mampu mendapat penghargaan dari orang lain seperti apa pun rupa Anda,” ujar Barber.

Minggu lalu, perempuan berkulit hitam itu unggul atas 51 peserta yang lain. Termasuk Chelsea Hardin, wakil dari Kepulauan Hawaii yang akhirnya menjadi runner-up pertama dalam ajang ayu-ayuan tersebut.

Dalam sesi tanya jawab, juri sempat bertanya kepada Barber tentang kehidupannya sebagai serdadu perempuan. ”Kami (perempuan dalam tubuh militer) tidak kalah perkasa dari para (serdadu) pria,” tegas perempuan berambut panjang tersebut dari atas panggung. Jawaban itu mendapat respons positif dewan juri dan para penonton yang memadati T-Mobile Arena di Kota Las Vegas.

Barber menyebut kemenangannya tersebut sebagai terobosan bagi kontes kecantikan dan bagi militer. Dia berharap gelar Miss USA yang kini melekat pada dirinya bisa menginspirasi banyak perempuan untuk lebih percaya diri.

”Meski saya ini kecil, saya kuat. Apa yang saya miliki secara fisik juga membuat saya percaya diri. Saya pun sangat bahagia dengan semua apa yang sudah saya capai sampai sekarang,” ujarnya.

Sebagai serdadu, Barber mengaku pernah disepelekan rekan-rekan prianya. ”Mereka mengidentikkan kecantikan dengan kelemahan. Tapi, setelah bertemu saya, mereka menjadi cepat belajar bahwa saya adalah perempuan yang sangat kuat,” ucapnya dalam sesi wawancara setelah penobatannya sebagai ratu. Nanti perempuan yang memiliki tinggi tubuh 177 sentimeter itu berkompetisi di kontes Miss Universe. (AFP/Reuters/CNN/hep/c23/any)

Respon Anda?

komentar