Kapolres: Tindak Tegas Balapan Liar

502
Pesona Indonesia
ilustrasi
ilustrasi

batampos.co.id – Polres Tanjungpinang akan menindak tegas aksi balapan liar sepeda motor yang kerap dilakukan pada bulan suci Ramadan dengan cara menyita kendaraan dan akan dikeluarkan setelah Hari Raya Idul Fitri 1437 H.

”Saya minta para orang tua untuk berperan serta menjaga anak-anaknya,” ujar Kapolres Tanjungpinang, AKBP Kristian Siagian, Senin (6/6).

Aksi balap di jalan secara tidak resmi tersebut, kata Kristian, biasanya terjadi jika ada penonton. Untuk itu baik pelaku balapan liar dan penonton nantinya akan dikenakan sanksi yang sama yaitu melanggar ketentuan berlalu lintas karena membahayakan orang lain.

”Saya tidak ingin anak muda Tanjungpinang kecelakaan sia-sia di jalan raya. Karena itu tindakan tegas kami berikan untuk mencegah balapan liar tersebut,” kata Kristian.

Selain itu, lanjut Kristian, dirinya juga meminta masyarakat yang menggunakan kendaraan roda dua agar selalu menggunakan helm saat bepergian, baik itu sendiri atau pun berboncengan.
”Mohon kerjasamanya masyarakat khususnya orang tua agar menjadi Polisi bagi dirinya sendiri dan keluarga,” ucap Kristian.

Dijelaskan Kristian, terkait bulan suci Ramadan. Pengamanan dilaksanakan pihaknya dengan menghadirkan petugas Polisi di beberapa titik yang menjadi wilayah pantauan baik aktifitas siang ke sore hari menjelang berbuka puasa.

”Anggota Polres Tanjungpinang juga hadir di beberapa titik keramaian pada saat sahur dan melaksanakan ibadah salat subuh,” jelas Kristian.

Disebutkan Kristian, pihaknya beserta instansi terkait lainnya akan melaksanakan patroli penertiban tempat hiburan selama bulan puasa. Dirinya juga mengimbau masyarakat untuk saling menghormati umat muslim yang sedang melaksanakan ibadah puasa.

”Kami juga akan berkordinasi dengan RT RW serta tokoh masyarakat untuk mengaktifkan Pam Swakarsa, kontrol akses keluar masuk perumahan,” sebutnya.

Terkait lokasi rawan, Curat, Curas, Curanmor (C3), Kristian menerangkan, anggota Polres Tanjungpinang akan hadir dengan Patroli Sinar Biru.

”Saya juga mengimbau masyarakat selalu waspada saat meninggalkan rumah. Minimal memberitahu tetangga atau Satpam,” pungkasnya. (ias/bpos)

Respon Anda?

komentar