Pemko Batam Siapkan Dana Rp 25 M untuk Perbaiki Drainase

606
Pesona Indonesia
foto: ahmad yani / batampos
foto: ahmad yani / batampos

batampos.co.id – Pemerintahan Kota (Pemko) Batam tahun ini mengalokasikan anggaran perbaikan drainase di dalam kota sebesar Rp 25,55 miliar. Program tersebut diharapkan mampu mengatasi permasalahan banjir yang kerap muncul pada saat musim hujan.

Anggota Komisi III DPRD Kota Batam, Rohaizat mengatakan, anggaran yang diambil dari APBD 2016 ini difokuskan di lima wilayah di Batam.

  • Wilayah satu meliputi Batuampar dan Bengkong.
  • Wilayah dua Lubukbaja dan Batamkota.
  • Wilayah tiga, difokuskan di Kecamatan Seibeduk, Nongsa, dan Galang.
  • Wilayah empat Kecamatan Sagulung
  • Wilayah lima yang terdiri dari Kecamatan Sekupang, Batuaji, dan Belakangpadang.

”Tahun ini terdapat lima titik pembangunan saluran air dengan dana Rp 22,55 miliar,” ujar Rohaizat.

Namun begitu, politisi Partai Keadilan Sejahtera (PKS) ini tetap meminta Pemko Batam memprioritaskan pembenahan drainase di daerah rawan banjir. ”Karena di lima titik ini ada daerah-daerah rawan banjir seperti Marina dan Batuaji,” kata Rohaizat.

Sementara itu, Bustamin, anggota Komisi III DPRD Kota Batam lainnya mengaku pembenahan drainase di daerah rawan banjir perlu diselesaikan secara periodik. Misalnya memetakan wilayah yang kerap tergenang air yang diakibatkan sistem drainase yang belum baik. ”Harus ada persiapan yang matang, sehingga anggaran yang dipakai juga efisien,” ujarnya.

Ia berharap pembangunan dan perbaikan saluran air bisa digenjot. Mengingat musim hujan yang melanda Batam beberapa hari terakhir, membuat beberapa titik terendam banjir, yang tentunya berdampak kepada aktivitas sebagian masyarakat Batam.

”Masyarakat tentu juga berharap agar penanggulangan banjir segera diatasi,” tututpnya. (rng)

Respon Anda?

komentar