Poltek Batam Juara 1 Kontes Robot Sepak Bola

1180
Pesona Indonesia

Barelang-FC-Politeknik-Juarbatampos.co.id – Politeknik Negeri Batam berhasil merebut Piala Bergilir Kontes Robot Sepak Bola Indonesia (KRSBI) dari Politeknik Elektronika Negeri Surabaya (PENS) dalam Kontes Robot Indonesia (KRI) Nasional 2016, Sabtu (4/6) lalu. Tim Robot Barelang FC tersebut menjadi juara 1 setelah menyarangkan tiga gol ke gawang Tim Robot Eros PENS.

”Ini karena strategi kami mapan. Blocking satu robot-satu robot, kami masih bisa menendang,” kata Ketua Tim Barelang FC Politeknik Negeri Batam, Hanjaya Mandala setibanya di Batam, Senin (6/6).

Selain itu, Barelang FC juga diuntungkan dari kondisi robot PENS yang menua. Ketika pertandingan kemarin, Robot PENS sempat bermasalah. “Robot PENS itu sudah berusia lima tahun. Ada penurunan kondisi di mereka,” tambahnya.

Namun demikian, menurut Hanjaya, pertandingan yang menegangkan justru terjadi dalam laga semifinal melawan Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) Surabaya. Dalam laga itu, Poltek Batam sudah kalah jumlah. ITS menurunkan empat robot.

Poltek Batam sempat mengalami jatuh bangun. Namun, mereka berhasil menjebol gawang lawan sebanyak empat kali. “Jadi, total skor kami 25 dan itu tanpa kebobolan. Zero error-lah,” ujar Mahasiswa Jurusan Teknik Elektro, Program Studi Mekatronika, Keahlian Robotika itu lagi.

Hanjaya jelas bahagia dengan kemenangan ini. Sebab, ia berhasil membawa pulang tujuh piala dari hanya satu kategori. Ketujuhnya datang dari tingkat regional dan nasional.

Di tingkat regional yang diselenggarakan di Kampus Politeknik Caltex Riau, 12-14 Mei lalu, Barelang FC berhasil memboyong tiga penghargaan. Yakni, Piala Juara I, Penghargaan Inovasi Terbaik, dan penghargaan sebagai tim terfavorit.

Nah, di tingkat nasional kemarin, bukan hanya penghargaan sebagai Juara I saja yang mereka bawa pulang, tetapi juga Piala Bergilir KRSBI, Penghargaan Desain Terbaik, dan Penghargaan Strategi terbaik.

“Disiplin tinggi itu yang menurut saya menjadi kuncinya. Karena usaha tidak pernah mengkhianati hasilnya,” tuturnya.

Ketua Jurusan Teknik Elektro Politeknik Negeri Batam, Sumantri Kurniawan, merasa bangga dengan prestasi ini. Sebab, perjuangan yang mereka lalui sangat berat. Mereka harus mempersiapkan diri dari pagi hingga pagi lagi dalam menghadapi pertandingan di tingkat regional hingga nasional.

Nah, usai pertandingan ini, pihak jurusan telah menyiapkan satu penghargaan khusus. Penghargaan khusus itu dalam bentuk nilai. Pertandingan robot ini dianggap sebagai ujian praktikum dalam sistem perkuliahan mereka.

“Ini namanya kurikulum berbasis kompetensi robotika. Mata kuliahnya diambil dari robot,” katanya.

Inilah mengapa, selama latihan hingga pertandingan, tim beranggotakan sembilan orang mahasiswa keahlian robotika itu terus dipantau oleh pendamping. Nilai praktikum mereka akan keluar setibanya mereka di Batam.

“Tapi ini belum nilai final karena mereka juga harus melalui ujian teori. Tapi saya yakin, kalau mereka saja sudah bisa menang juara satu ini, teori pasti di luar kepala,” katanya lagi.

Dengan kemenangan ini, artinya, Barelang FC akan mewakili Indonesia di tingkat internasional di Jepang, tahun depan. Mereka akan kembali ke kelas robotika. Namun, sesekali mereka tetap akan bekerja di bengkel.

“Kami menang karena robot kami bagus. Robot kami bagus karena riset. Nah, riset itu tidak bisa berhenti harus terus dikembangkan,” tutup Sumantri. (ceu)

Respon Anda?

komentar