Tahapan Pilbup Benteng Dimulai Agustus

950
Pesona Indonesia
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN
Ilustrasi. Foto: Dok JPNN

batampos.co.id – Tahapan pemilihan Bupati dan wakil Bupati Kabupaten Bengkulu Tengah (Benteng) 2017 akan dimulai Agustus mendatang.

Tahap Pilbup ini diawali dengan penyerahan dukungan bakal calon bupati dan wakil bupati yang maju melalui jalur perseorangan atau independen yang dimulai 6-19 Agustus 2016.

“Penyerahan syarat dukungan bagi independen harus sudah diserahkan sejak tanggal 6 Agustus dan akan berakhir hingga 19 Agustus 2016 mendatang,” ungkap Ketua KPU Kabupaten Benteng, Asmara Wijaya ST, usai melaksanakan sosialisasi mengenai syarat dukungan calon perseorangan pada pemilihan Bupati dan Wakil Bupati Kabupaten Benteng, di Riung Gunung, Desa Nakau, Kecamatan Talang Empat, Jumat (3/6) kemarin.

Bersamaan penyerahan dukungan tersebut, KPUD juga akan melakukan penelitian terhadap jumlah minimal dukungan, sebaran dukungan serta analisis dukungan ganda yang akan berlangsung 6-15 Agustus.

Setelah itu, KPU juga akan menyampaikan surat dukungan pasangan balonbup ke tingkat Panitia Pemungutan Suara (PPS) untuk dilakukan verifikasi ulang.

“Memastikan agar tak ada manipulasi data dukungan, KPU tentu akan melakukan verifikasi terhadap data dukungan yang disampaikan pasangan balon. Bahkan, verifikasi administrasi dan verifikasi faktual juga akan dilakukan di tingkat desa pada tanggal 21Agustus sampai 3 September 2016 sebelum akhirnya dilakukan rekapitulasi pada 4-10 September di tingkat kecamatan dan 16-18 September di tingkat kabupaten,” terangnya seperti dikutip dari Bengkulu Ekspress (Jawa Pos Group).

Asmara mengutarakan, dalam pilkada kali ini, KPU pihaknya telah memutuskan bahwa syarat dukungan terhadap calon perseorangan harus mendapatkan dukungan sebanyak 10 persen dari jumlah daftar pemilih tetap (DPT) pemilu sebelumnya. Jika pada pemilihan gubernur dan wakil gubernur 2015 lalu, jumlah DPT Kabupaten Benteng sebanyak 78.935 orang, maka setidaknya balonbup dari jalur independen harus menyerahkan dukungan sebanyak 7.894 dukungan.

“Sebaran dukungan setidaknya harus berasal dari 6 kecamatan yang ada di Kabupaten Benteng,” demikian Asmara.(jgp)

Respon Anda?

komentar