Mendag Izinkan Impor 23 Ribu Ton Daging Sapi, Harga Maksimal Rp 80 Ribu

694
Pesona Indonesia
Harga jual daging sapi saat ini mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Setelah impor daging dibuka, diharapkan harga turun di bawah Rp80 ribu per kilo. Foto: jpnn
Harga jual daging sapi saat ini mencapai Rp 120 ribu per kilogram. Setelah impor daging dibuka, diharapkan harga turun di bawah Rp80 ribu per kilo. Foto: jpnn

batampos.co.id – Tak lama lagi masyarakat Indonesia, khususnya umat Islam yang tengah menjalani ibadah puasa sudah bisa menikmati daging sapi dengan harga di bawah Rp 80 ribu per kilogram.

Keyakinan harga daging akan turun sama seperti tahun 2012 silam, seiring dengan kebijakan Kementerian Perdagangan (Kemendag) yang telah telah menerbitkan izin impor daging sapi sebanyak 23.200 ton.

“Kami menerbitkan izin impor kepada pihak swasta daging sapi. Sejauh ini 23.200 ton. Tujuannya menurunkan harga daging hingga di bawah Rp 80.000/kg,” ujar Menteri Perdagangan Thomas Lembong di Jakarta, Selasa (7/6/2016).

Thomas menuturkan, tahun lalu diputuskan bahwa impor hanya dilakukan oleh Badan Usaha Milik Negara (BUMN). Tapi sekarang keputusan tersebut telah dibatalkan.

Menurutnya, dengan dicabutnya kebijakan tersebut pasokan daging ke pasar akan lebih banyak. Dengan begitu harga daging akan lebih cepat turun.

“Ini akan memperlebar dan membuka jalur impor daging sapi, yang kami harapkan akan bisa dengan pesat meningkatkan pasokan daging sapi. Tentunya sesuai dengan perundangan yang berlaku, dari sisi negara asal dan kebebasan dari penyakit,” papar Thomas.

Harga daging saat ini memang menggila. Daging impor rata-rata di atas Rp 100 ribu per kilogram. Sementara daging sapi segar lokal bisa di atas Rp 120 ribu per kilogram. (adn/jpnn)

Respon Anda?

komentar