Ini Tipe PNS yang Akan Dipesiundinikan

1176
Pesona Indonesia
PNS malas dengan kompetensi yang rendah jadi sasaran rasionalisasi. Sementara di Lingga, PNS yang indisipliner dipecat. Foto: istimewa
PNS malas dengan kompetensi yang rendah jadi sasaran rasionalisasi. Sementara di Lingga, PNS yang indisipliner dipecat. Foto: istimewa

batampos.co.id – Kementerian Pendayagunaan Aparatur Negara dan Reformasi Birokrasi (KemenPAN-RB) terus mengkaji kriteria pegawai negeri sipil (PNS) yang akan dipesiundinikan.

“Kami sedang petakan dengan baik potensi SDM ke dalam sembilan kuadran berdasarkan kualifikasi, kompetensi, dan kinerja,” ujar ujar MenPAN-RB Yuddy Chrisnandi dalam seminar Bakohumas di KemenPAN-RB, Rabu (8/6/2016).

Setelah itu, kata Yudi, Kemudian rumuskan treatment yang direkomendasikan untuk meningkatkan kualitas SDM tersebut.

“Saya berharap semua unit kerja bidang humas bisa menjadi role model percepatan penataan ASN di lingkup kementeria/lembaga,” ujarnya.

Yuddy mengatakan, khusus pegawai yang masuk pada kuadran dengan kualifikasi dan kompetensi tidak memenuhi syarat, kinerja rendah, tidak disiplin akan didorong untuk dirasionalisasi, salah satunya melalui pesiun dini.

“Jadi rasionalisasi adalah salah satu alternatif bagian kecil dari skenario besar percepatan penataan PNS,” terangnya.

Pemetaan, imbuh Yuddy, dilakukan melalui rapid assessment atau penilaian cepat dengan tiga parameter, yakni kualifikasi, kompetensi, dan kinerja.

“Hasilnya akan dipetakan ke dalam sembilan kuadran, di mana tiap-tiap kuadran akan diberikan rekomendasi sesuai kebutuhan objektif dan karakteristik masing-masing,” paparnya. (esy/jpnn)

Respon Anda?

komentar