Antisipasi Lonjakan Mudik, Pemkab Lingga Tambah Armada Transportasi Laut dan Aktifkan Pelabuhan Sungai Tenam

535
Pesona Indonesia
Kapal feri MV Arena yang melayani rute Daik-Tanjungpinang. foto:hasbi/batampos
Kapal feri MV Arena yang melayani rute Daik-Tanjungpinang. foto:hasbi/batampos

batampos.co.id – Untuk mengantisipasi lonjakan mudik lebaran nanti, Pemkab Lingga melalui Dishubkominfo telah mengupayakan penambahan armada transportasi laut. Selain itu, Dishubkominfo juga akan segera membuka trayek Batam-Sungai Tenam, untuk mengurai kepadatan arus mudik lebaran mendatang.

Hal tersebut disampaikan langsung Muhammad Nizar, Wakil Bupati Lingga. Antasipasi sejak awal dikatakannya, telah disiapkan Pemkab Lingga menyongsong lonjakan tiap tahun yang terjadi yakni H – 7 dan H + 7.

Setelah berkoordinasi dengan dinas terkait beberapa waktu lalu, kedua opsi tadi dengan dibukanya akses dari dan ke Sungai Tenam diharapkan dapat menjadi pengurai kepadatan arus mudik lebaran. Selama ini, kepadatan terjadi karena hanya ada satu titik masuk dan terfokus di Pelabuhan Tanjung Buton.

“Upaya pemerintah ini diharapkan dapat memberikan kenyamanan bagi masyarakat Kabupaten Lingga,” ungkap Nizar beberapa waktu lalu.

Sementara itu, hingga kini jalur alternatif Pelabuhan Sungai Tenam di jalur khatulistiwa Lingga tersebut belum diaktifkan. Meski sebagian besar fasilitas dan sarana dasar telah dibenahi tahun 2015 lalu, akibat kerusakan jalan yang longsor membuat pemerintah daerah menunda wacana tersebut.

Meski kini telah dibenahi jalan yang sempat terputus, pengaktifan Sungai Tenam sebagai persinggahan feri reguler menunggu instruksi Bupati Lingga, Alias Wello.

“Kemarin ada memang rencana untuk diaktifkan. Namun kita menunggu instruksi dari pak Bupati,” ungkap Selamat, Kepala Bidang Laut dan Udara, Dishubkominfo Lingga.

Disampaikannya, sejumlah fasilitas yang dibangun seperti ruang tunggu, dan lapangan parkir serta gerbang pelabuhan yang baru telah selesai. Begitu juga pos penjagaan dan sebagainya. Hanya saja, kata Selamat, perlu pembenahan dan pembangunan tangga pelabuhan yang lebih memadai. Agar memudahkan penumpang turun dan naik ke kapal.

“Tangga yang tersedia sekarang belum maksimal. Nanti akan kita benahi lagi,” tuturnya.

Terkait pasti kapan akan diaktifkannya Pelabuhan sungai Tenam, sebagai antisipasi lonjakan penumpang menuju lebaran, Selamat, mengatakan masih menunggu instruksi Bupati Lingga. (mhb/bpos)

Respon Anda?

komentar