Bingung Identitas, Prancis atau Itali

385
Pesona Indonesia

ilusbatampos.co.id – Sebagaimana dilansir jurnal medis Cortex, JC ini lahir dan besar di Italia. Italiano tulen pokoknya.

Tapi, sebuah kecelakaan empat tahun silam yang mengakibatkan gangguan di otak membuatnya mendadak berubah menjadi pria Prancis. Mulai obrolan, bacaan, tontonan, sampai makanan, semua serba-Francais.

Padahal, sebagaimana dikutip Toronto Sun Senin WIB (6/5), pertautan pria 50 tahun itu dengan bahasa Prancis hanya sebatas pelajaran semasa SMA. Juga, saat sempat berpacaran dengan seorang perempuan Prancis.

Hubungan itu pun terjadi 30 tahun silam. Kini, ketika dia mendadak sudah jadi ’’orang Prancis,’’ bahasa Prancisnya, menurut Cortex, sebenarnya juga belum bagus.

’’Sewaktu terjadi trauma pada otak, entah karena kecelakaan, stroke, tumor, atau penyebab lain, beberapa bagian jaringan di dalamnya bisa jadi mengalami kerusakan yang tidak mungkin diperbaiki,’’ jelas Regina Jokel, ahli patologi bahasa, kepada ABC News pada 2010 setelah mempelajari kasus seorang remaja Kroasia yang mendadak hanya bicara dalam bahasa Jerman.

Kalau jaringan yang rusak itu mendadak pulih, barangkali juga akan merepotkan. Setidaknya saat nonton bola Prancis melawan Italia. Bayangkan ketika Stephan El Shaarawy menjebol gawang Prancis, tiba-tiba saja JC berteriak kegirangan. Padahal, di punggung kostum yang dikenakannya tertulis nama (Antoine) Griezmann. Nontonnya di bar yang dipenuhi fans Prancis lagi. (ttg/JPG)

Respon Anda?

komentar